Polda Riau Dirikan 41 Pos Pengamanan

Kamis, 22 Desember 2016

ilustrasi internet

PEKANBARU - riautribune : Kepolisian dan pemerintah daerah Provinsi Riau, dirikan 41 Pos Pengamanan (Pos Pam) serta 24 Pos Pelayanan (Pos Yan) yang dioperasikan selama Natal dan Tahun Baru 2017. Pos ini tidak hanya berada di dalam kota, melainkan juga di jalur perbatasan.

Menurut data yang diperoleh GoRiau.com dari Biro Operasional Polda Riau, 41 Pos Pengamanan ini menyebar di 12 Kabupaten/Kota di Riau, termasuk juga 24 Pos Pelayanan. Fungsinya merespon potensi gangguan Kamtibmas.

Tiga Pos Pengamanan di Kabupaten Rohil diantaranya di Rantau Bais, Kecamatan Tanah Putih, di KM 17 Kecamatan Bangko Pusako serta di KM 33 Balam Sempurna, Kecamatan Bagan Sinembah.

Dua Pos Pengamanan di Kabupaten Kepulauan Meranti berada di Pelabuhan Simpang Tanjung Harapan dan Taman Cikpuan. Lalu satu Pos Pengamanan di Dumai, didirikan di Ramayana Jalan Jenderal Sudirman.

Empat Pos Pengamanan di wilayah Rohul, dengan rincian di KM 102 Pasar Kabun, Pasar Tandun, KM 152-153 LKa Ujungbatu dan di Simpang Kumu Kecamatan Rambah Hilir.

Lima pos di Kota Pekanbaru, berada di depan Alam Mayang, dekat Purna MTQ, depan Ramayana Jalan Jenderal Sudirman, Simpang Palas dan di Garuda Sakti. Tiga pos di Pelalawan yakni di Simpang Beringin, Ramayana dan Pangkalan Kuras.

Selanjutnya enam Pos Pengamanan di Kabupaten Kamar, lokasinya di Lapangan Merdeka Bangkinang, Kelok Indah Kecamatan XIII Koto Kampar KM 107, Pasar Kuok Kecamatan Bangkinang KM 78, Petapahan Kecamatan Tapung KM 36, Danau Bingkuang, dan Siak Hulu.

Kemudian tiga Pos Pengamanan di Kuansing, dengan rincian di Tanjung Pauh Kecamatan Singingi Hilir, di Tugu Cerano Kecamatan Kuantan Tengah dan Pos Pengamanan di Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik.

Lima Pos Pengamanan di Bengkalis, dengan sebaran di Bandar Sri Setia Raja, Kecamatan Bantan, di Tanjung Medang Kecamatan Rupat Utara, Pelabuhan Tanjung Kapal Kecamatan Rupat, di Balai Raja Kecamatan Pinggir serta di Simpang Bangko Kecamatan Mandau.

Di Siak ada tiga Pos Pengamanan, diantaranya di Pasar Minggu Kandis KM 80, di SP Minas-Perawang KM 27 dan di Terminal Perawang. Tiga pos di Inhil yaitu Jalan Jenderal Sudirman, di Jembatan Rumbai Desa Rumbai Jaya, serta di Jalan Provinsi Lintas Timur Desa Selensen.

Terakhir di Kabupaten Inhu. Di sini ada tiga Pos Pengamanan yang didirikan yaitu di Simpang Seminai Jalan Rengat-Pematang Reba KM 13, di SP PT KAT Jalan Lintas Timur KM 235 Kelurahan Pangkalan Kasai serta di Jalan Pattimura Kelurahan Sekar Mawar.

"Tugas pokok Pos Pengamanan adalah menciptakan kelancaran Kamtibmas. Tidak hanya kepolisian saja, ada yang lain, termasuk TNI, Dinas-dinas terkait dan sebagainya," kata Karo Ops Polda Riau, Kombes Abdul Hafidh Yuhas, Kamis (22/12/2016) siang.

"Sementara untuk Pos Pelayanan, lebih kepada di tempat keramaian, pusat perbelanjaan, terminal, bandara dan sebagainya. Lebih mengedepankan fungsi Preemtif," pungkas dia.(grc)