Arsenal Juara Grup A Liga Champions 2016-2017

Rabu, 07 Desember 2016

foto okezone.com

 BASEL – Arsenal keluar sebagai juara Grup A Liga Champions 2016-2017. Kepastian itu didapat setelah mengalahkan Basel 4-1 di laga pamungkas grup yang dilangsungkan Rabu (7/12/2016) dini hari WIB.

Setelah melalui enam pertandingan, The Gunners –julukan Arsenal– meraih 14 poin, hasil dari empat menang dan dua imbang. Sementara itu, Paris Saint-Germain (PSG) harus puas finis sebagai runner-up. Sebab di laga terakhir grup, PSG ditahan Ludogorets Razgrad 2-2. Tim asuhan Unai Emery mengakhiri klasemen di posisi dua dengan poin 12.

Ludogorets berhak lolos ke Europa League setelah finis di posisi tiga dengan koleksi empat poin. Sementara Basel tersingkir dari kompetisi Eropa musim ini.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Arsenal bertekad meraih kemenangan demi keluar sebagai juara Grup A. Namun, kemenangan takkan membuat mereka menjadi juara grup jika di laga lain Paris Saint-Germain (PSG) mengalahkan Ludogorets Ragrad.

Namun, Arsenal sepertinya pantang memikirkan hasil pertandingan lain dan fokus kepada laga yang dimainkannya. Terbukti laga baru berjalan tujuh menit, tim asuhan Arsene Wenger unggul 1-0 lewat sepakan Lucas Perez. Memanfaatkan assist Kieran Gibbs, Lucas yang tak terkawal berhasil membobol gawang Basel kawalan Tomas Vaclik. Skor 1-0 untuk keunggulan Arsenal.

Unggul 1-0 tak membuat Arsenal menurunkan intensitas serangan. Hasilnya pada menit 15, London Merah sukses menggandakan skor, lagi-lagi lewat Lucas yang didatangkan dari Deportivo La Coruna pada bursa transfer musim panas 2016.

Gol bermula dari umpan terobosan yang dilepaskan Mesut Ozil kepada Gibbs. Sepakan fullback kiri berpaspor Inggris memang dapat ditepis kiper Basel, Tomas Vaclik. Namun, bola muntah berhasil disambar dengan sempurna oleh Lucas. Skor 2-0 untuk keunggulan The Gunners.

Selepas gol tersebut, Basel mencoba bangkit. Dimotori Thaulant Xhaka, tim asal Wales membuat peluang matang pada menit 40. Renato Steffen berhasil melepaskan sepakan keras kaki kiri. Beruntung bagi Arsenal, David Ospina tampil luar biasa untuk mengamankan gawangnya.

Tak ada peluang yang dicetak kedua tim usai kejadian tersebut. Hingga babak pertama usai, Arsenal unggul 2-0 atas Basel.

Babak Kedua

Babak kedua baru berjalan dua menit, Arsenal menjauhkan jarak menjadi 3-0 lewat Lucas. Memanfaatkan assist Alexis Sanchez, Lucas dengan tenang melepaskan sepakan kaki kanan untuk membobol gawang Basel. Gol tersebut merupakan yang ketiga bagi Lucas di laga ini atau lazim disebut hattrick.

Berselang enam menit, Arsenal kembali membobol gawang tim yang bermarkas di St Jakob Park lewat Alex Iwobi. Menerima umpan dari Mesut Ozil, Iwobi yang tak terkawal dan berada di muka gawang lawan berhasil merobek jala Basel kawalan Tomas Vaclik dengan kaki kanannya.

Ketinggalan empat gol membuat Basel meningkatkan intensitas serangan. Seydou Doumbia masuk menggantikan Matias Delgado pada menit 55. Masuknya pemain yang dipinjam dari AS Roma tersebut membuat Basel bermain lebih cantik.

Meski demikian, bukan berarti Arsenal tak memiliki peluang cantik usai masuknya Doumbia. Pada menit 68, tendangan bebas Sanchez akan mengubah skor pertandingan jika tembakannya tidak membentur mistar gawang.

Pelatih Arsenal, Arsene Wenger, memasukkan gelandang petarung yakni Elneny untuk menggantikan Sanchez. Secara bersamaan, Wenger juga memasukkan Olivier Giroud untuk menggantikan Aaron Ramsey.

Namun, masuknya dua pemain tersebut membuat Basel mampu mencetak gol ke gawang Arsenal pada menit 78 lewat aksi memukau Seydou Doumbia. Mantan penyerang CSKA Moskow itu melakukan umpan satu-dua dengan Mark Janko sebelum akhirnya menjebol gawang Arsenal kawalan David Ospina. Skor 4-1 untuk keunggulan Arsenal bertahan hingga laga usai.