Timnas Indonesia Menang 2-1 Atas Vietnam

Senin, 05 Desember 2016

foto internet

CIBINONG - Timnas Indonesia mencatat kemenangan 2-1 atas Vietnam pada leg pertama semifinal Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Sabtu 3 Desember 2016 malam. Pertandingan leg kedua akan digelar di Vietnam Rabu 7 Desember 2016 mendatang.

Dua gol untuk Indonesia disumbangkan Hansamu Pranata pada menit ke-7 dan tendangan penalti Boaz Sollosa pada menit ke-50. Sementara satu-satunya gol Vietnam dijaringkan oleh Van Quyet Nguyen melalui tendangan penalti pada menit ke-17.

Gol pertama adalah sundulan Hansamu Pranata memanfaatkan tendangan penjuru yang dilakukan pemain tengah Rizki Rizaldi Pora. Hansamu, pemain asal Barito Putera berusia 21 tahun kelahiran Mojokerto, 16 Januari 1995 itu bermain cukup baik pada pertandingan itu.

Tak lama setelah kemenangan 1-0 untuk Indonesia, kesalahan kecil dibuat bek Benny Wahyudi mendorong kapten Vietnam Le Cong Vinh di kotak penalti pada menit ke-17. Wasit Gillet Jared Gavan asal Australia kemudian menghadiahkan tendangan penalti untuk tim tamu. Vietnam kemudian menyamakan kedudukan, 1-1, setelah Van Quyet Nguyen menjaringkan bola ke ke gawang Indonesia yang dijaga Kurnia Meiga.

Memasuki babak kedua, wasit kembali memberikan penalti, namun kali ini untuk Timnas Indonesia. Penalti yang diciptakan Boaz merupakan buah dari pelanggaran yang dilakukan pemain belakang Vietnam Que Ngoc Hai terhadap gelandang serang Timnas Indonesia Stefano Lilipaly pada menit ke-48 di kotak penalti Vietnam.

Boaz kemudian mengeksekusi penalti itu pada menit ke-50. Tendangan Boaz ke sudut kiri atas gawang berhasil menggetarkan jala Vietnam yang dijaga Tran Nguyen Manh. Kedudukan bertahan 2-1 untuk kemenangan Timnas Indonesia hingga akhir pertandingan.(pr)