Komisi III Akan Bentuk Timwas Kerusuhan 411

Selasa, 08 November 2016

foto internet

JAKARTA - riautribune : Komisi III DPR akan membentuk Tim Pengawas (Timwas) Proses Hukum Kerusuhan 411. Pembentukan timwas itu menyusul aksi damai yang dilakukan warga negara Indonesia pada tanggal 4 November 2016 kemarin, yang ternyata diwarnai kerusuhan sehingga mencoreng tujuan dari aksi damai itu sendiri.

Hal itu diungkapkan oleh Anggota Komisi III, Sufmi Dasco Ahmad dalam siaran pers yang diterima wartawan, Selasa (8/11).

"Dari kejadian itu banyak reaksi bermunculan, baik yang pro dan kontra, juga muncul proses hukum akibat kejadian 4 November tersebut," sebutnya.

Dengan bermunculan berbagai pandangan dan sikap terkait kerusuhan dalam aksi damai itu, menurutnya setiap orang akhirnya berpendapat dan bersikap seolah-olah yang paling mengetahui dan yang paling benar dalam menyikapi proses hukum ini.

"Maka untuk mendapatkan ketenangan dan kepastian hukum, maka sebagai wakil rakyat, Komisi III DPR RI akan segera membentuk Tim Pengawas Proses Hukum kerusuhan 4 November 2016," jelas Sufmi.

Lebih lanjut dia mengatakan, tujuan dari timwas ini adalah agar siapapun di negeri ini tidak boleh ada yang bisa mempermainkan hukum atau mengintervensi proses hukum yang menyebabkan keadilan di negeri ini tidak berjalan sebagaimana mestinya.

"Tim pengawas ini hadir untuk mengawasi agar tidak ada satu pun warga negara yang dikriminalisasi dan dijadikan kambing hitam untuk menutupi orang yang bersalah. Serta untuk memastikan dan menjamin proses hukum di negara ini berjalan sebagaimana mestinya sehingga rakyat percaya bahwa keadilan dan kepastian hukum masih ada di negara ini," tutup politisi Partai Gerindra ini.(rmol)