DPR Janji Respon Cepat Draf RUU Pemilu Yang Dikirim Pemerintah

Selasa, 25 Oktober 2016

foto Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan

JAKARTA - riautribune : Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan menyambut baik langkah Pemerintah yang telah meyerahkan draf RUU Pemilu pada Jumat lalu (21/10).

"Saya menyampaikan apresiasi kepada pemerintah khususnya Presiden Joko Widodo atas respon cepat dengan mengeluarkan surat amanat presiden (soal draf RUU Pemilu)," kata Taufik di Gedung Nusantara III DPR, Senayan, Jakarta, Senin (24/10).

Wakil Ketua Umum DPP PAN ini berjanji DPR kan segera menindaklanjuti surat tersebut dengan melakukan paripurna surat amanat presiden untuk dibacakan.

"Kemudian dibahas dalam Rapat Badan Musyawarah (Bamus) untuk disepakati dengan pembentukan Panitia Khusus lintas Komisi ataupun Pansus internal (kecil) di Komisi II," lanjut Taufik.

Sebagian kalangan menilai Pemerintah lambat memasuknya RUU Pemilu tersebut ke DPR. Sebab tahapan Pemilu dua tahun akan datang itu sudah ada yang mulai jalan. Taufik maklumi itu.

"Ya saya nilai wajar, mungkin pemerintah selama ini memang memerlukan atau menghabiskan banyak waktu dalam mempersiapkan RUU Pemilu hingga matang sepenuhnya. Pemerintah betul-betul telah mempersiapkan segalanya agar RUU Pemilu betul-betul berkualitas, sehingga proses pembahasan dan pengesahan lebih terukur dan terencana mengingat waktu persiapan tahapan Pemilu semakin dekat, di mana awal 2017," jelas dia.(rmol)