Fadli Zon: Pembangunan Infrastruktur Jokowi Menyimpan Masalah

Sabtu, 22 Oktober 2016

foto internet

JAKARTA - riautribune : Pembangunan infrastruktur sejauh ini menjadi trade mark pemerintahan Presiden Joko Widodo. Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengatakan banyak orang tidak memperhatikan bahwa di tengah tren penerimaan negara yang cenderung turun, pembangunan yang terfokus pada infrastruktur sebenarnya menyimpan masalah.

"Apalagi, pembangunan infrastruktur hanya bersandar pada dana pengalihan alokasi dari pencabutan subsidi secara besar-besaran," sebut dia dalam "Catatan Kritis Evaluasi 2 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK yang diterima redaksi, Sabtu (22/10).

Jelas Fadli Zon, pencabutan subsidi itu sendiri telah berimbas pada turunnya daya beli masyarakat, yang kemudian berimbas pada melemahnya perekonomian, sementara di sisi lain manfaat pembangunan infrastruktur tidak bisa dipetik secara langsung dalam jangka pendek.

"Akibatnya, perekonomian masyarakat jadi benar-benar terpukul dan pemerintah tidak memiliki anggaran untuk memberikan stimulus," ujar Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini.

Sebagai catatan, lanjut Fadli Zon, kontribusi belanja pemerintah terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) sebenarnya hanya sekitar 9 persen, jauh dibandingkan konsumsi (55,5 persen) dan investasi (30 persen).

"Sehingga, terpukulnya daya beli masyarakat akibat pencabutan subsidi yang bertubi-tubi sepertinya tidak diantisipasi pemerintah," tukasnya.(rmol)