Lionel Messi dan Neymar Bawa Barcelona Hancurkan Manchester City

Kamis, 20 Oktober 2016

foto internet

BARCELONA – Barcelona berhasil menghancurkan Manchester City pada matchday ketiga babak penyisihan Grup C Liga Champions 2016-2017 yang berlangsung Kamis, 20 Oktober 2016 dini hari WIB. Lionel Messi dan Neymar da Silva menjadi aktor kemenangan tuan rumah dengan skor 4-0.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Bermain di depan puluhan ribu pendukung setianya, Barcelona langsung mengambil inisiatif menyerang. Kembalinya Lionel Messi di lini depan semakin menambah daya gedor tuan rumah bersama Neymar dan Luis Suarez.

Namun tim tamu tidak begitu saja larut dalam permainan tuan rumah. Armada Josep Guardiola memiliki cara tersendiri untuk dapat meladeni permainan Blaugrana.

Bahkan Man City berhasil menciptakan peluang lebih dulu saat Raheem Sterling yang menyisir sisi kanan memberikan umpan tarik ke kotak penalti Barca. Beruntung Ter Stegen dengan sigap keluar dari sarangnya untuk mengamankan datangnya bola.

Sesuai dengan perkiraan, pertandingan yang mempertemukan dua tim papan atas itu berlangsung sengit. Saling jual beli serangan terus terjadi.

Gol untuk tuan rumah! Lionel Messi sukses membuka keunggulan tuan rumah Barcelona atas tamunya yakni Manchester City di menit 17. Memanfaatkan kemelut di depan gawang The Citizens, Messi berhasil memperdaya Claudio Bravo untuk membawa tuan rumah unggul 1-0.

Barca kembali mendapat peluang emas melalui kerja sama apik Messi, Neymar, dan Suarez. Sayang tendangan Suarez dan sudut sempit belum bisa menambah keunggulan tuan rumah karena bola menyamping tipis di sisi kana gawang Bravo.

Tertinggal satu gol, Man City mulai menaikkan intensitas serangan. Menit 38, The Citizens mendapat peluang emas setelah penetrasi Gundogan sukses mengelabui Pique. Ia pun melepaskan tembakan placing dari jarak dekat. Namun penampilan apik Ter Stegen di bawah mistar sukses mengamankan gawang tuan rumah.

Di akhir babak pertama, Barca mendapat peluang emas dari Luis Suarez lewat serangan balik cepat. Namun kesigapan Bravo masih mampu menepis tendangan Suarez dari jarak dekat yang hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Babak Kedua

Tertinggal satu gol, Man City coba menekan. Memenfaatkan kecepatan De Bruyne, tim tamu coba membongkar pertahanan tuan rumah. Namun rapatnya pertahanan Blaugrana sukses mematikan pergerakan De Bruyne.

Petaka bagi Manchester City. The Citizens harus menghadapi suatusi pelik yakni bermain dengan 10 orang. Sang penjaga gawang, Claudio Bravo diusir wasit di menit 54 karena dengan sengaja menepis bola chip dari Suarez di luar kotak penalti.

Lionel Messi benar-benar onfire pada pertandingan hari ini. Pemain asal Argentina itu sukses mencetak gol kedua pada menit 61 setelah memanfaatkan assist Andres Iniesta. Dengan tenang, Messi melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang gagal dijangkau Caballero.

Manchester City semakin terbenam di Camp Nou. Penyebabnya adalah hattrick yang sukses dibuat Lionel Messi. Menit 70, Luis Suarez yang melakukan penetrasi dari sisi kiri memberikan umpan tarik ke kotak penalti. Tanpa kawalan berarti berarti, Messi tinggal menceploskan bola ke gawang Man City.

Pertandingan Barcelona kontra Manchester City diwarnai hujan kartu. Setelah Claudio Bravo dari Man City, kini giliran tuan rumah yang kehilangan pemainnya. Jeremy Mathieu harus diusir wasit setelah menerima kartu kuning kedua pada menit 75.

Tuan rumah berpeluang menambah keunggulan menjadi 4-0 pada menit 88 melalui titik putih setelah Messi ditajuhkan Kolarov di kotak terlarang. Namun Neymar yang maju sebagai algojo gagal menyelesaikan tugas setelah tembakannya terbaca Caballero.

Neymar ikut mencatatkan namanya di papan skor sekaligus mengubah kedudukan menjadi 4-0 atas Manchester City di menit 89. Menerima umpan pendek Messi, Neymar melakukan penetrasi ke kotak penalti dengan melewati beberapa pemain tim tamu. Ia pun langsung melepaskan placing yang gagal dijangkau Caballero.(okz)