DPR Minta Polri Deteksi Dini Konflik di Pilkada Serentak

Selasa, 11 Oktober 2016

Ilustrasi Internet

JAKARTA - riautribune : Munculnya isu suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) yang belakangan makin santer terdengar jelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta dan Pilkada Serentak 2017 mencuri perhatian Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan.

Taufik berharap aparat keamanan bertindak tegas merespons isu SARA yang muncul jelang perhelatan demokrasi ini, agar tidak berujung tindakan anarkis.

"Saya mengimbau semua pihak tidak termakan isu SARA karena berdampak negatif dan merugikan," kata Taufik saat dihubungi, Selasa (11/10/2016).

Ia juga meminta agar aparat keamanan mampu mendeteksi setiap ancaman yang terjadi jelang pilkada dan aparat harus memantau black campaign.

"Polri harus benar-benar fokus terhadap isu SARA dan cepat mengambil tindakan tegas, agar tidak melebar. Jangan sampai isu ini menimbulkan polemik di masyarakat," imbuhnya.

Lebih lanjut Taufik mengimbau kepada tim sukses para kandidat kepala daerah agar selalu menjaga ketertiban dan kedamaian.

"Berkompetisi dengan fair, jual ide, program kerja, program untuk memajukan daerah yang akan mereka pimpin, bukan black campaign terlebih menggunakan isu SARA," tandas Taufik.(okz)