Sharp Tingkatkan Market Share TV Dengan Memproduksi TV ukuran Medium Di Indonesia

Rabu, 05 Oktober 2016

JAKARTA –  riautribune : PT Sharp Electronics Indonesia mulai memproduksi TV hitam putih  pada tahun 1971, kemudian dilanjutkan dengan mulai memproduksi TV berwarna pada tahun 1975 bersamaan dengan mulainya TVRI memancarkan siaran berwarna di Tanah air.

Seiring dengan perkembangan perekonomian di Indonesia, pada tahun 1993, produk CRT TV Sharp mulai menguasai pasar TV nasional, permintaan yang cukup tinggi pada masa itu, mencatatkan sejarah baru bagi Sharp di tahun 2001dengan keberhasilannya memproduksi 3 Juta unit produk TV.

Melihat perkembangan jaman dimana tren TV layar datar mulai berkembang, pada tahun 2003 Sharp mulai memproduksi CRT TV layar datar di pabrik Pulogadung. Keputusan Sharp memproduksi CRT TV layar datar mendulang kesuksesan selain mampu menjadi market leader, CRT TV Layar datar Sharp pun banyak meraih beragam penghargaan  sebagai merek TV terbaik seperti Indonesia Best Brand, Top Brand, Indonesia Customer Satisfaction, Superbrand dll. Tonggak sejarah kembali diukir pada tahun 2006, ketika  Sharp mulai memproduksi CRT TV layar datar seri Alexander. Dengan kekuatan fitur lokal yang diminati seluruh konsumen setianya di seluruh Indonesia, CRT TV Layar datar seri Alexander mampu meningkatkan performa penjualan TV Sharp dan dinobatkan sebagai CRT TV Layar datar terlaris dikurun waktu 2006 – 2010.

Pada tahun 2008, Sharp kembali berhasil memproduksi 10 Juta unit, keberhasilan ini melatarbelakangi Sharp untuk memproduksi LCD TV di Indonesia pada tahun 2010. Dengan meningkatnya permintaan produk TV Sharp, di awal tahun 2016 Sharp memindahkan seluruh produksi TV nya ke Pabrik barunya di Karawang yang memiliki kapasitas produksi yang lebih besar dan didukung oleh teknologi yang lebih modern, dan pada tanggal 28 September 2016, Sharp kembali menorehkan sejarah dengan berhasil memproduksi TV ke-20 Juta unit. “ Ini merupakan pencapaian yang luar biasa, dalam kurun waktu 45 tahun , Sharp mampu memproduksi  20 Juta unit TV. Terima kasih Indonesia”, ucap  Shigeo Noma, Vice President   PT Sharp Electronics Indonesia.

Dalam perayaan pencapaian Sharp memproduksi ke-20 Juta TV, Sharp memperkenalkan Line-up produk LED TV terbarunya seri LC-40LE185i dan LC-40LE185I-WH yang merupakan hasil produksi LED TV di Karawang. Dengan mengusung fitur lokal, Sharp yakin produk barunya ini akan mampu bersaing di pasar LED TV ukuran medium.  

“Sharp meluncurkan LED TV ukuran  medium kepasaran bukanlah tanpa alasan, menurut data yang diperoleh dari GfK, pasar LED TV ukuran 32” masih mendominasi namun stabil di angka 45.2% sedangkan pasar LED TV ukuran 40”  meningkat menjadi 9,4%. Di tahun 2016, Sharp menargetkan penjualan untuk model terbaru LED TV 32” di angka 12.000 unit per bulan sedangkan LED TV 40” di angka 7.000 unit perbulan, target ini diharapkan dapat meningkatkan pangsa pasar TV Sharp secara total menjadi 18% di tahun 2017”, ungkap Herdiana Anita Pisceria selaku Product Planning Division General Manager, PT Sharp Electronics Indonesia.

LC-32LE185i/WH di lempar kepasar dengan harga Rp. 2,979,000,- sedangkan LC-40LE185i/WH dengan harga Rp. 4,459,000,- dan akan mulai dapat di temukan dipasaran TV Indonesia pada akhir Oktober 2016

Berbekal ‘Kualitas Takumi’, Sharp terus akan berinovasi menciptakan produk-produk elektronik berkualitas guna memuaskan kebutuhan konsumen setianya di Indonesia. Tidak hanya memiliki kualitas yang mumpuni, seluruh LED TV AQUOS Sharp sudah dilengkapi standar perlindungan Japan Quality 7 Shields. 7 Shields Protection ini merupakan  standard kualitas dari Jepang yang sangat ketat. Dengan perlindungan 7 Shields, konsumen dapat menikmati pengalaman menonton dari TV berkualitas tanpa harus khawatir. Perlindungan 7 Shields untuk produk TV meliputi :

1.    Perlindungan Terhadap Getaran
       Produk TV SHARP dikepak dengan menggunakan bahan kotak karton yang berkualitas hingga mampu tahan dari segala macam getaran, contohnya seperti    yang terjadi pada saat proses perpindahan seperti pada saat pengantaran barang.
2.    Perlindungan Terhadap Jatuh
       Kinerja pelindung kemasan  LED TV Sharp  terbukti  dengan lolos  standard yang ketat dari  tes ( uji ) jatuh (drop test).
3.    Perlindungan Terhadap Petir
        Varistor melindungi produk dari gelombang petir melalui kabel AC yang sesuai   
       dengan standard EMC (IEC 61000-4-2 & IEC 61000-4-5).
4.    Perlindungan Terhadap Tegangan
       Produk dipastikan aman untuk dioperasikan pada tegangan yang lebih tinggi dari standard spesifikasi produk. (110V-240V).
5.    Perlindungan Terhadap Temperatur Dan Kelembaban Tinggi
       Sharp LED TV telah diuji dan terbukti berdasarkan IEC 60065 standard untuk tahan pada  pengaturan suhu dan kelembaban yang tinggi
6.    Perlindungan Terhadap Beban Berat
      Produk ini telah diuji dengan melakukan pembebanan berat standard IEC 60065,  dengan dilakukannya tes beban dengan menahan 4 kali berat TV. Hingga      mencegah produk mengalami keretakan disekitar baut yang terpasang pada bracket.
7.    Perlindungan Terhadap Stabilitas Produk
     Struktur yang kokoh telah dibuktikan dengan keberhasilan uji stabilitas di level standard IEC 60065, hingga produk LED TV Sharp dapat berdiri dengan  seimbang.

“ Semua produk LED TV Sharp telah diuji sesuai dengan standard laboratorium Sharp yang lebih tinggi dari Standard Keselamatan Internasional (IEC Standard). Semua pengujian dilakukan oleh para profesional terlatih dalam lingkungan yang terkendali.  Semua pengujian ini membuktikan jika produk LED TV Sharp memiliki operasi yang aman dan daya tahan yang tinggi dalam berbagai keadaan,” Tutup Herdiana.(rls)