SHARP Dirikan Posko Pemeriksaan Kesehatan Gratis Bagi Korban Bencana Garut

Rabu, 28 September 2016

foto riautribune.com

KARAWANG - riautribune : Bencana alam banjir bandang yang menerjang beberapa desa di kabupaten Garut dan Sumedang meninggalkan duka yang mendalam bagi para korbannya. Lebih dari ratusan warga yang selamat saat ini mendiami tempat-tempat pengungsian darurat. Banyak dari para korban yang terdiri dari balita dan lanjut usia mulai  mengalami gangguan kesehatan fisik seperti pusing, demam, diare, turunnya imunitas tubuh,  dan mengalami trauma pasca bencana.

Guna memfasilitasi pemulihan kesehatan dan trauma pasca bencana, PT Sharp Electronics Indonesia bekerjasama dengan Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU membuka POSKO Pelayanan Kesehatan ( Prosmiling ) di  Desa Banyu Resmi Kec. Banyu Resmi,  Kab Garut pada tanggal 29 September 2016 mendatang. POSKO ini akan melayani layanan kesehatan dan memberikan layanan konseling pemulihan trauma.  “Kami berharap bantuan yang diberikan oleh Sharp, sedikit banyak dapat meringankan beban para korban bencana dengan memberikan pelayanan kesehatan gratis dan memulihkan trauma pasca bencana bagi para warga desa yang terkena musibah,” ungkap Haruhiko Sano, selaku Brand Strategy Group Senior General Manager PT SEID.

Acara serah terima bantuan melalui PKPU ini dilakukan di tengah-tengah acara kegiatan Corporate Social Responsibility ( CSR ) Sharp yaitu, Program Kesehatan Masyarakat Keliling ( ProSmiling ) di Dusun Tenjojaya, Kelurahan Teluk Buyung, Kecamatan Pakisjaya, Karawang, Jawa Barat. “Kegiatan pemeriksaan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Sharp sebagai bukti nyata akan komitmennya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di mana pun PT Sharp Electronics Indonesia berada,” jelas Haruhiko Sano

Beragam pelayanan kesehatan disediakan oleh PT Sharp Electronics Indonesia dan PKPU di Program Kesehatan Masyarakat Keliling ( ProSmiling ) ini, seperti pemeriksaan kesehatan umum, layanan cek kesehatan dasar meliputi tes gula darah, asam urat dan kolesterol, serta pelayanan kesehatan bagi ibu hamil dan balita, termasuk pemberian obat-obatan dan vitamin, pemeriksaan status gizi, juga pemberian makanan tambahan. “ Terima kasih sudah mengunjungi dusun kami, kagiatan hari sangat bermanfaat bagi kami, biasanya kami harus menempuh jarak 6 km untuk memeriksakan diri kami ke Puskesmas terdekat,”  ucap Ibu Asih salah seorang warga dusun .

Selain pemeriksaan kesehatan ProSmiling yang diselenggarakan di Dusun Tenjojaya, Sharp pun memberikan penyuluhan merawat kesehatan diri dan lingkungan. Tak kurang dari 500 orang warga desa memanfaatkan kegiatan ini untuk memeriksakan kesehatan diri dan balita mereka serta mendengarkan penyuluhan kesehatan dan lingkungan yang diberikan. Pada kesempatan ini, SEID pun menyumbangkan satu set perlengkapan Posyandu guna menunjang kegiatan pemeriksaan balita di Dusun Tenjojaya.

“Kami berharap melalui program-program CSR ini, Sharp dapat berkontribusi  dalam meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia dan turut membantu tercapainya beberapa tujuan Millenium Development Goals ( MDGs) diantaranya yaitu menurunkan angka kematian anak; meningkatkan kesehatan ibu; memerangi penyakit menular; memastikan kelestarian lingkungan hidup; serta mengembangkan kemitraan global untuk pembangunan,” tutup Haruhiko Sano

Ferry Suranto selaku General Manager Pendayagunaan PKPU mengucapkan rasa terima kasihnya atas kepercayaan PT Sharp Electronics Indonesia untuk terus bermitra dengan PKPU dalam memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat di desa terpencil, dan berharap semoga setiap kegiatan mampu memberikan manfaat yang besar bagi seluruh masyarakat penerima manfaat.(rls)