Komisi I DPR Sepakat Budi Gunawan Jabat Kepala BIN

Rabu, 07 September 2016

foto internet

JAKARTA - riautribune : Komisi I DPR RI memutuskan calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Komjen Budi Gunawan layak untuk menjadi Kepala BIN menggantikan Letjen (Purn) Sutiyoso. Hal itu disampaikan usai dilakukannya uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) sejak pukul 10.20 WIB tadi.

"Komisi I memutuskan memberikan pertimbangan sebagai berikut: saudara Budi Gunawan layak dan patut menjadi Kepala Badan Intelijen Negara menggantikan Sutiyoso," kata Ketua Komisi I Abdul Kharis Almasyhari dalam jumpa pers usai fit and proper test calon Kepala BIN, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (7/9/2016).

Keputusan itu diambil Kharis didampingi pimpinan Komisi I lainnya yaitu Meutya Hafid, TB Hasanudin, Hanafi Rais, dan Asril Tandjung.

Menurut Abdul Kharis terdapat pertimbangan yang menentukan Budi Gunawan lolos dalam fit and proper test ini. Namun, pihaknya enggan menyebutkan apa saja pertimbangan itu.

"Ada pertimbangan rapat tapi enggak bisa disampaikan," tuturnya.

Sebelumnya, dalam pemaparan visi yang dilaksanakan terbuka untuk umum, Budi Gunawan memaparkan program-program apa saja yang akan dilakukannya nanti saat menjadi Kepala BIN. Ia juga memaparkan berbagai potensi ancaman keamanan negara yang perlu diwaspadai.(okz)