Jerman Permalukan Norwegia 3-0 di Oslo

Senin, 05 September 2016

foto internet

OSLO - Jerman menang meyakinkan 3-0 atas tuan rumah Norwegia di Ullevaal Stadion, Oslo, Senin (5/9/2016) dini hari WIB, dalam laga perdana kualifikasi Piala Dunia 2018 Grup C.

Babak Pertama

Kedua tim memulai laga dengan tempo yang standar bahkan cenderung lambat. Menit kelima, Norwegia mendapat peluang terlebih dulu. Bek Jerman, Mats Hummels terpeleset, penyerang Norwegia, Joshua King pun berlari bebas ke kotak penalti.King berusaha melewati Benedikt Howedes, namun gagal dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Menit kedelapan, giliran Jerman mendapat kans lewat Thomas Muller. Julian Draxler dari sayap kiri menggiring bola kemudian melepaskan umpan silang ke arah tiang dekat yang disambut dengan sundulan Muller. Sayang, usahanya masih menyamping di sisi gawang.

Dua menit berselang, Jerman kembali mengancam. Kali ini kiper Norwegia, Jarstein bahkan harus melakukan save. Muller melepaskan sepakan ke mulut gawang, Howedes kemudian menjulurkan kakinya untuk membelokan bola, Beruntung Jarstein dengan sigap berhasil mengamankan gawangnya dari kebobolan.

Menit 14, Jerman akhirnya membuka skor via Muller. Attacker Bayern Munich itu memanfaatkan scrimmage yang terjadi di depan gawang Nowegia, dengan sepakan kaki kirinya. Meski sempat di-tip Jarstein, bola tetap melesat masuk ke gawang Norwegia. 1-0 Jerman unggul.

Setelah mendapat gol, Jerman ternyata tak menurunkan intensitas serangan mereka. Meski demikian, Norwegia juga cukup berbahaya dengan mengandalkan serangan-serangan balik. Menit 30, tim tuan memiliki peluang. King melepaskan tembakan dari jarak jauh, namun usahanya masih melebar dari gawang Jerman yang dikawal sang skipper, Manuel Neuer.

Di 15 menit terakhir, Jerman masih menguasai laga, tapi disisi lain Norwegia juga kian berani dalam menyerang. Memasuki menit 45, Der Panzer sukses menggandakan keunggulan mereka.

Muller memberikan umpan cantik kepada Joshua Kimmich yang merangsek masuk ke kotak 16 Norwegia. Sang fullback kanan pun melakukan finishing brilian, sepakan mendatar kaki kanannya tak bisa dihalau kiper Norwegia. 2-0 Jerman unggul! Tak lama kemudian, peluit panjang tanda berakhirnya paruh pertama pun ditiupkan wasit.

Babak Kedua

Di babak kedua, Jerman terus menunjukkan dominasi mereka. Terbukti pada menit 60, mereka kembali menjauh. Muller mencetak gol keduanya setelah memanfaatkan umpan silang Sami Khedira.

Ketika pertandingan memasuki menit 76, Jerman nyaris mencetak gol keempat mereka. Pemain yang baru masuk empat menit menggantikan Mario Gotze, Julian Brandt, melepaskan tembakan dengan kaki kirinya, namun Jarstein masih bisa mengamankan bola dengan baik.

Tujuh menit berselang, Brandt kembali mengancam. Berawal dari umpan silang Ozil ke dalam kotak penalti, Muller mengarahkan bola kepada Brandt yang mencoba melepaskan tembakan dari sudut sempit. Namun, bola masih bisa diamankan Jarstein.

Hingga pertandingan berakhir, Norwegia gagal mencetak gol untuk memperkecil kedudukan dan Jerman pun pulang dengan raihan tiga poin.(okz)