DPR Minta Penegak Hukum Lebih Efektif Berantas Korupsi

Rabu, 31 Agustus 2016

foto Ketua DPR RI Ade Komarudin

JAKARTA - riautribune : Ketua DPR RI Ade Komarudin berharap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), kepolisian dan kejaksaan dapat lebih efektif dalam memberantas tindak pidana korupsi di Indonesia.

Menurutnya, korupsi merupakan musuh bersama yang harus dilawan seluruh rakyat Indonesia. Karena itu, Ade mengapresiasi keberadaan dan kerja luar biasa dari KPK, kepolisian, dan kejaksaan dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia selama ini.

"Lembaga-lembaga ini dibangun dengan harapan bahwa lembaga anti korupsi ini dapat secara efektif dan garang memerangi korupsi endemik di Indonesia," ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (30/8).

Ade juga mengapresiasi terbentuknya Global Organization of Parliamentarians Against Corruption (Gopac) Indonesia Chapter yang diharapkan akan menjadi ujung tombak parlemen Indonesia dalam memerangi korupsi. Menurutnya, di bawah komando tiga penegak hukum tersebut serta didukung parlemen dan GOPAC Indonesia Chapter, pemberantasan korupsi diharapkan bisa berhasil.

"Saya percaya, meskipun Gopac Indonesia Chapter tidak memiliki kewenangan hukum dalam melawan korupsi, namun memiliki nilai dan semangat yang sama dengan para penggiat anti korupsi untuk mengakhiri korupsi endemik di Indonesia," jelasnya.(rmol)