Erupsi Sinabung Makin "Ganas", BNPB Minta Warga Mengungsi

Sabtu, 27 Agustus 2016

ilustrasi internet

JAKARTA - riautribune :Para petugas dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), BNPD, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) terus melakukan penanganan terhadap para pengungsi erupsi Gunung Sinabung.

"BNPB, BPBD, PVMBG dan satgas terus melakukan evakuasi dan penangan terhadap pengungsi," kata Kepala Pusat Data Informasi Dan BNPB, Sutopo kepada Okezone, Sabtu (28/8/2016).

Dalam catatannya, aktivitas vulkanik dari gunung tersebut, sangat tinggi sehingga para warga di sekitar diharapkan untuk datang ke tempat-tempat evakuasi yang sudah disediakan oleh satgas.

"Tingginya tekanan dan suplai energi dari dapur magma Gunung Sinabung menyebabkan aktivitas vulkanik sangat tinggi. Bahkan kubah lava atau sumbat lava bervolume 2,6 juta meter kubik dari kawah gunung sudah runtuh. Erupsi disertai awan panas guguran secara menerus terus berlangsung di Gunung Sinabung," ujarnya.

"Gempa guguran juga masih sangat tinggi. Sejak Kamis 25 Agustus hingga pukul 12.00 Wib terjadi 84 kali gempa guguran dengan amplitude 5-110 milimeter dan lama gempa 33-1.088 detik. Kondisi ini menyebabkan erupsi masih akan terus berlangsung," tutupnya.(okz/rt)