Wakil Ketua DPR: Belum Ada Surat Penggantian Kepala BIN dari Presiden

Rabu, 24 Agustus 2016

foto Wakil Ketua DPR Agus Hermanto

JAKARTA - riautribune :Surat penggantian Kepala BIN sampai saat ini belum diterima oleh pimpinan DPR. Wakil Ketua DPR Agus Hermanto mengatakan sampai kemarin sore belum ada surat dari Presiden Jokowi terkait hal tersebut.

"Sampai kemarin belum ada surat tersebut, apalagi kemarin ada rapat paripurna. Makanya pada saat media tanya, saya jawab belum (ada surat). Tenyata belum betulan," kata Agus saat ditemui di Kompleks DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (24/8/2016).

"Sampai sore kemarin belum ada surat presiden tentang penggantian Kepala BIN," lanjutnya.

Sebelumnya, tersiar kabar bahwa Presiden Jokowi akan melakukan penggantian di tubuh BIN. Kepala BIN saat ini, Sutiyoso, kabarnya akan digantikan oleh Wakapolri Komjen Budi Gunawan (BG). Namun saat ditanyakan kepada Sutiyoso, dirinya mengaku belum mengetahui adanya penggantian tersebut. Dirinya mengatakan itu adalah hak prerogatif presiden.

"Kalau ditanya soal itu saya sama sekali enggak tahu. Cuma saya tiap hari dengar rumor dari kalian (wartawan). Jadi kalau saya tidak tahu mau jawab apalagi, kan gitu kan," ujar Bang Yos usai bertemu pimpinan MPR di Senayan, Jakarta, Selasa (23/8) kemarin.

"Itu hak prerogatif presiden," tambahnya.