Olimpiade 2016, Jawaban Sempurna Brasil untuk Para Pengkritiknya

Ahad, 21 Agustus 2016

Brasil akhirnya meraih medali emas cabang sepakbola putra Olimpiade 2016.(internet)

RIO DE JANEIRO-Brasil akhirnya meraih medali emas cabang sepakbola putra Olimpiade 2016. Kesuksesan itu menjadi jawaban untuk kritik yang sempat mereka dapat di awal turnamen. Brasil merebut medali emas usai mengalahkan Jerman di babak final. Dalam pertandingan di Stadion Maracana, Minggu (21/8) dinihari WIB, Brasil menang 5-4 lewat adu penalti usai bermain imbang 1-1 sampai babak perpanjangan waktu.

Sebelum akhirnya meraih emas, Brasil sempat mendapat sorotan tajam. Tampil di hadapan publik sendiri, Neymar dkk. justru memulai dengan tidak meyakinkan setelah diimbangi Afrika Selatan dan Irak di dua laga pertama dengan skor 0-0.

"Kemarin kami dikritik," ujar Neymar merujuk pada start kurang meyakinkan Brasil di Olimpiade seperti dikutip dari Reuters.

"Kami sudah menjawabnya dengan sepakbola yang bagus," lanjut penyerang Barcelona itu.

Ini merupakan emas pertama bagi Brasil di ajang Olimpiade dari cabang sepakbola putra. Sebelumnya, mereka tiga kali menembus final --1984, 1988, dan 2012-- tapi selalu menjadi runner-up.

"Kami punya pemain yang sangat berdedikasi, profesional, dan dengan teknik yang hebat. Saya akan pergi dengan sensasi telah menuntaskan tugas," ucap pelatih Brasil, Rogerio Micale.(dtc/rt)