Saatnya Atletico Madrid Menanggalkan Status "Tim Kuda Hitam"

Jumat, 19 Agustus 2016

foto internet


ATLETICO - Madrid merupakan salah satu klub yang memiliki nama di kancah sepakbola Spanyol. Namun, reputasi klub berjuluk Los Rojiblancos itu memang tidak setenar dengan dua klub Liga Spanyol lainnya, Real Madrid dan Barcelona.

Pasalnya, selain memang tidak terlalu mampu meraih titel bergengsi di kancah domestik, mereka juga hanya mampu bersaing di turnamen kelas dua antarklub Eropa, yakni Europa League dalam beberapa tahun silam.

Namun hadirnya figur Diego Simeone sebagai juru taktik, membuat reputasi Atletico perlahan tapi pasti mulai melesat ke permukaan. Dari hanya sebagai tim pelengkap di Liga Spanyol, mereka sukses menyabet predikat terbaik di kompetisi tertinggi Negeri Matador itu pada musim 2013-2014.

Lebih hebatnya lagi, Atletico sukses mengangkat trofi Liga Spanyol di markas Barca, Camp Nou, yang notabene juara bertahan edisi sebelumnya. Tak hanya itu, Atletico hampir saja mengawinkan Liga Spanyol dengan Liga Champions di musim yang sama.

Akan tetapi, nasib Atletico di Liga Champions tidak semujur kala mentas di Liga Spanyol. Meski sempat unggul satu gol atas Madrid hingga masa injury time, mereka harus menerima kenyataan gawangnya dibombardir oleh Sergio Ramos, Gareth Bale, Marcelo Vieira hingga Cristiano Ronaldo sebelum akhirnya takluk 1-4 dari rival sekotanya tersebut.

Sejak saat itu, reputasi Atletico pun mulai disejajarkan klub-klub besar Eropa lainnya dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan Atletico hampir saja benar-benar menjelma sebagai tim papan atas Eropa usai kembali mencapai final Liga Champions 2015-2016.

Namun lagi-lagi Madrid membuat mimpi mereka untuk bisa membawa pulang trofi si Kuping Besar kandas. Antoine Griezmann dan kawan-kawan harus kembali meraih status runner-up usai kalah adu penalti dari Madrid.

Kini jelang bergulirnya musim 2016-2017, manajemen Atletico pun mempersiapkan diri sangat baik dengan memboyong tiga nama baru guna memperkuat skuad mereka. Kevin Gameiro sukses mereka datangkan dari Sevilla guna mempertajam lini depan.

Lalu ada Nicolas Gaitan, seorang winger kiri yang dibeli dengan harga lumayan dari salah satu peserta Liga Portugal, Benfica, serta Sime Vrasljko fullback andalan Timnas Kroasia yang tampil solid selama gelaran Piala Eropa 2016, bakal menjadi tambahan amunisi positif untuk Atletico di musim depan.

Pada skuad mereka juga berisikan pemain yang memang berperan sangat krusial di musim lalu seperti Gabi, Koke, Fernando Torres serta Felipe Luis. Selain personel anyar berkualitas, dan pemain sarat pengalaman, Atletico juga bermaterikan dengan sejumlah calon-calon bintang di masa depan pada diri Oliver Torres, Saul Niguez, dan Yannick Carrasco.

Dengan kombinasi tersebut, membuat peluang Atletico untuk bisa menjaga eksistensi mereka di Liga Spanyol maupun Liga Champions pada musim depan pun terbilang bakal lebih mudah. Kini tinggal bagaimana Simeone bisa menjaga konsistensi para pemainnya di seluruh laga musim 2016-2017.(okz/rt)