Disdikbud Riau Gelar Festival Lancang Kuning

Jumat, 05 Agustus 2016

foto internet

PEKANBARU - riautribune : Dalam rangka memperingati sekaligus memeriahkan HUT ke-59 Provinsi Riau, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Museum dan Taman Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Riau bakal menggelar Festival Lancang Kuning yang nantinya diikuti oleh seluruh perwakilan dari masing-masing kabupaten/kota. Kegiatan itu sendiri akan dipusatkan di Taman Budaya Riau, tepat di samping Museum Sang Nila Utama, 6-10 Agustus 2016 mendatang.

"Dalam kegiatan tersebut, nantinya akan kita adakan juga Lomba Cipta Tari Lancang Kuning. Lomba ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas di bidang seni tari dari sanggar-sanggar di 12 kabupaten/kota, menciptakan suatu gerak tari yang indah dengan tidak meninggalkan akar tradisi dari masing-masing daerah di Riau," kata Kepala UPT Museum dan Taman Budaya Disdikbud Riau, Sri Mekka didampingi Kasi Museum, Indriyani, Selasa (02/08)

Mekka menambahkan, festival itu dilaksanakan pula dalam upaya mewujudkan Visi Riau 2020 yang akan menjadikan Provinsi Riau sebagai pusat kebudayaan. Sementara itu, bagi para peserta yang nantinya keluar sebagai pemenang lomba juga mendapatkan piala tetap dari Gubernur Riau. Termasuk mendapatkan sertifikat atau piagam penghargaan dari Kadisdikbud Riau.

"Kami berharap Festival Lancang Kuning nanti dapat menjadi wadah berkarya bagi para seniman di Riau sesuai tradisi Kebudayaan Melayu Riau. Menciptakan dunia pariwisata Riau berbasis budaya. Apalagi kegiatan ini secara langsung turut memperkenalkan, mempromosikan dan menyebarluaskan produk karya seni yang kental akan nilai tradisi dari seluruh kabupaten/kota se-Riau," singkatnya (rls)