DPR Dukung Maluku Utara Jadi Lumbung Ikan Nasional

Kamis, 04 Agustus 2016

ilustrasi internet

JAKARTA - riautribune : Komisi IV DPR RI yang telah berkunjung ke Maluku Utara, Selasa 2 Agustus lalu menyatakan dukungannya agar provinsi tersebut juga menjadi sebagai lumbung ikan nasional guna mengembangkan sektor kelautan dan perikanan Indonesia.

"Maluku Utara sebagai daerah kepulauan yang memiliki potensi perikanan yang begitu kaya. Sangat mungkin bisa dijadikan sebagai lumbung ikan nasional," kata Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Daniel Djohan dalam rilisnya di Jakarta, Kamis (4/8/2016).

Untuk itu, kata dia, harus ada dukungan dari masyarakat terlebih dahulu, karena potensi perikanan dan kelautan Maluku Utara dinilai sudah mendukung secara alamiah.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu juga mengatakan, perlu diperkuat sentra-sentra yang menjadi unggulan perikanan dan kelautan di seluruh Indonesia, sementara kesiapan infrastrukturnya harus pula didukung adanya program.

Dia menyadari bahwa permasalahan sangat minimnya infrastruktur antara lain karena terkait dengan kebijakan anggaran dalam APBN yang dinilai tidak cukup untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang ada di daerah.

Sementara itu, Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Nilanto Prabowo mengakui Provinsi Maluku Utara memiliki potensi perikanan cukup besar, mulai dari perikanan tangkap maupun perikanan budidaya.

Menurut Nilanto Perbowo, dalam tiga tahun mendatang pemerintah akan membangun industri perikanan dan kelautan dengan menggandeng investor luar negeri.

Sejauh ini sudah banyak negara yang melakukan penawaran untuk membangun industri, namun masih dikaji Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).(okz/rt)