Lion Air: Tak Ada Asosiasi Pilot dalam Perusahaan

Kamis, 04 Agustus 2016

ilustrasi internet

JAKARTA - riautribune : PT Lion Mentari Airlines (Lion Air) tak mengakui adanya asosiasi pilot di dalam tubuh perusahaan. Perseroan menyebut, pilot yang mengatas namakan Lion Air sebagai pilot bermasalah dan kerap melakukan kesalahan.

“Mereka sering membantah pimpinan, tidak menjalankan jadwal, dan pada saat ini sedang menjalani pembinaan,” ujar Direktur Umum Lion Air Edward Sirait dalam konferensi pers di kantornya, Rabu, 3 Agustus 2016.

Ia menuturkan, pilot-pilot yang mengatas namakan asosiasi pilot Lion Air merupakan penipu. Penggunaan nama tanpa izin merupakan pemalsuan dan penipuan, kata dia. Menurutnya, organisasi didirikan untuk tujuan baik, bukan malah menghancurkan perusahaan.

Edward melanjutkan, kontrak kerja pilot berupa kontrak kerja profesional yang telah disepakati bersama. Bila melakukan sabotase, maka pilot itu telah melanggar kontrak dan masuk dalam pelanggaran berat.

Pilot-pilot yang tidak menjalankan tugas terbang sesuai jadwal dan melakukan penghasutan kepada pilot lain juga merupakan pelanggaran berat. “Apalagi mempublikasikan hal-hal terkait perusahaan yang bukan bagian tugasnya,” kata dia.

Atas alasan itu, kini Lion Air telah memecat 14 pilot. Edward menuturkan, ke-14 orang itu bukan lagi pegawai Lion Air.

Masalah ini bermula saat pilot-pilot tersebut mogok kerja dan mengakibatkan penundaan penerbangan pada 10 Mei 2016. Mogok itu dipicu oleh pembayaran uang transportasi untuk pilot yang yang telat.(tmpo/rt)