Rio Haryanto Tetap Bela Tim Manor Racing di GP Jerman

Kamis, 28 Juli 2016

foto internet

HOCKENHEIM – Pembalap kebanggaan Indonesia, Rio Haryanto, dipastikan tetap membela Tim Manor Racing di seri ke-12 Formula One (F1) 2016 yang berlangsung di Sirkuit Hockenheimring, Jerman pada Minggu 31 Juli. Seperti diberitakan Autosport, Kamis (28/7/2016), salah satu sumber Tim Manor yang tak mau disebutkan namanya yang membocorkan kepastian tersebut.

Sebelumnya, Rio sempat diragukan bakal mentas di Sirkuit Hockenheimring. Penyebabnya, manajemen pembalap berusia 23 tahun itu belum mampu melunasi utang kepada Tim Manor sebesar tujuh juta euro atau sekira Rp101 miliar. Padahal, tenggat waktu pembayaran sudah habis pada akhir Juni 2016.

Rio memang menandatangani kontrak untuk tampil bersama Tim Manor hingga F1 2016 berakhir. Akan tetapi, karena tak kunjung melunasi utang tersebut, Rio berpeluang gagal melanjutkan kiprahnya di lomba balap mobil paling prestisius tersebut.

Manajer Rio Haryanto, Piers Hunnisett, sebelumnya berharap agar Tim Manor Racing tetap mempertahankan pembalap kelahiran Surakarta, Jawa Tengah itu setidaknya hingga akhir musim. Hunnissett bahkan berjanji bahkan mencari solusi ketika F1 2016 menjalani istirahat paruh musim.

Sekadar informasi, setelah race di Jerman, F1 baru menggelar seri ke-13 di Sirkuit Spa, Belgia pada Minggu 28 Agustus 2016 malam WIB. Karena itu, ada waktu tiga minggu lebih bagi manajemen Rio untuk mencari kekurangan dana.

Jika gagal melunasi utang sebelum race di Belgia berlangsung, bukan tak mungkin posisi Rio bakal digantikan pembalap lain. Stoffel Vandoorne, Alexander Rossi dan Jordan King adalah pembalap-pembalap yang disebut bakal menggantikan posisi Rio di Tim Manor Racing.(okz/rt)