Jokowi Imbau Masyarakat Tetap Tenang Setelah 14 RS Pengguna Vaksin Palsu Diumumkan

Sabtu, 16 Juli 2016

foto Internet

JAKARTA - riautribune : Presiden Joko Widodo meminta masyarakat tetap tenang setelah nama 14 rumah sakit pengguna vaksin palsu diumumkan.

Ia yakin Menteri Kesehatan Nila F Moeloek bisa segera mencari solusi bagi warga yang sudah telanjur melakukan vaksin terhadap bayi mereka di 14 rumah sakit tersebut.

"Saya sudah memerintahkan kepada Menkes untuk segera mencari solusi," kata Presiden seperti dikutip dari keterangan tertulis Biro Pers Istana Kepresidenan, Sabtu (16/7/2016).

Solusi tersebut, lanjut Presiden, dapat dilakukan langsung oleh Kementerian Kesehatan atau bersama pemerintah daerah dengan satu per satu menyelesaikan di setiap lokasi yang terdapat peredaran vaksin palsu.

"Yang penting (masyarakat) tenang dulu karena ini menyangkut tidak setahun, dua tahun. Ini 13 tahun sehingga harus ditangani juga termasuk sanksi terhadap RS (rumah sakit) maupun individu yang tersangkut," kata Presiden.

Presiden menyampaikan bahwa 20 orang telah menjadi tersangka dalam kasus vaksin palsu. Namun, Presiden menilai jumlah tersangka itu masih bisa bertambah, tergantung perkembangan penyidikan yang dilakukan Bareskrim Polri.

"Mungkin akan tambah lagi dan sanksi terhadap rumah sakit. Ini juga baru proses. Bisa saja nanti ada yang dicabut izinnya, bisa hanya bentuk teguran, dan lain-lain," kata Presiden.

Berdasarkan paparan Bareskrim Polri dan Kementerian Kesehatan di Komisi IX DPR kemarin, ada 14 rumah sakit, 8 klinik, dan tenaga kesehatan yang menggunakan vaksin palsu. Sebagian besar beroperasi di sekitar Bekasi, Jawa Barat. Rinciannya, 10 rumah sakit di Kabupaten Bekasi dan tiga di Kota Bekasi.

Adapun daftar 14 rumah sakit tersebut adalah sebagai berikut:

1. RS DR Sander, Cikarang

2. Bhakti Husada, Terminal Cikarang

3. Sentral Medika, Jalan Industri Pasir Gombong

4. RSIA Puspa Husada

5. Karya Medika, Tambun

6. Kartika Husada, Jalan MT Haryono Setu Bekasi

7. Sayang Bunda, Pondok Ungu Bekasi

8. Multazam, Bekasi

9. Permata, Bekasi

10. RSIA Gizar, Villa Mutiara Cikarang

11. Harapan Bunda Kramat Jati, Jakarta Timur

12. Elisabeth, Narogong Bekasi

13. Hosana, Lippo Cikarang

14. Hosana, Jalan Pramuka, Bekasi
(kmps/rt)