Lorenzo Soal Crash dan Yamaha yang Tak Kompetitif

Sabtu, 16 Juli 2016

foto Internet

Sachsenring - Jorge Lorenzo memastikan dirinya baik-baik saja setelah mengalami crash. Yang jadi kendala untuknya kini adalah Yamaha yang disebutnya tidak kompetitif.

Dua sesi latihan bebas pertama MotoGP Jerman dilalui Lorenzo dengan hasil jauh dari memuaskan. Setelah hanya berada di posisi 12 pada sesi pembuka, juara dunia musim lalu itu terlempar di urutan 16 pada sesi free practice kedua.

Di Sirkuit Sachsenring, Jumat (15/7/2016) kemarin, Lorenzo juga sempat mengalami crash di tikungan 11. Dia menjadi salah satu dari lima pebalap yang terjungkal dari tunggangannya pada sesi tersebut.

"Saya baik-baik saja. Saya tidak mengalami cedera, tidak ada tulang yang patah dan saya bisa mengendarai motor dengan normal. Aspalnya sangat dingin dan saya memasuki (tikungan 11) sedikit lebih cepat dibanding lap sebelumnya. Mungkin sedikit perbedaan sudut saat berbelok dan bagian depan menutup. Saya jauh lebih lambat dibanding tahun lalu, tapi kondisi dan bannya tidaklah sama," papar Lorenzo.

Hari pertama yang buruk adalah hal yang tidak diinginkan Lorenzo di Sachsenring. Apalagi di dua balapan terakhirnya, di Catalunya dan Belanda, Lorenzo dapat hasil mengecewakan. Memperburuk kondisi adalah performa motor-motor Yamaha yang disebut Lorenzo tidak kompetitif.

"Saya dalam kondisi oke," sahut Lorenzo saat ditanya wartawan soal kepercayaan dirinya.

"Saya yakin jika besok kami membalap di Le Mans atau Mugello saya akan cepat, saya akan kompetitif. Hanya kombinasi beberapa faktor yang membuat saya lambat. Hari ini kita lihat semua Yamaha kesulitan dengan kondisi ini (lintasan basah). Tidak ada Yamaha dalam 10 besar dan saya sedikit kesulitan karena tidak ada grip dan setelah mengalami kecelakaan pagi ini sulit untuk memaksimalkan dan memercayaai motor."

"Pada titik ini kami tidak kompetitif di banyak area. Tidak di pengereman, saat menikung - karena elektronik dan daya cengkram yang lemah tidak bereaksi dengan mulus - dan juga akselerasi (bermasalah) jika kami tidak punya grip. Karena itulah kami lebih lambat 1,5 detik," terang Lorenzo.(dtk/rt)