Messi Diyakini Akan Berubah Pikiran

Rabu, 13 Juli 2016

foto internet

 Buenos Aires - Lionel Messi mengumumkan pensiun dari tim nasional Argentina sesaat setelah gagal meraih Copa America Centenario. Keputusan ini diyakini masih akan berubah.

Messi menyatakan pensiun setelah Argentina kalah dari Chile di final Copa America Centenario. Berimbang 0-0 di 120 menit, Albiceleste kalah 2-4 dalam adu penalti, di mana Messi yang jadi penendang pertama Argentina gagal menuntaskan tugasnya.

Itu merupakan kegagalan keempat Messi di empat final bersama Argentina. Sebelumnya dia sudah merasakan kekecewaan di laga puncak pada final Copa Amercia 2007 dan 2015, serta pada Piala Dunia 2014.

Keputusan pemain Barcelona itu untuk pensiun diyakini selain karena kecewa, juga akibat tekanan yang terlampau besar sebagai pemain bintang sekaligus kapten. Eks pelatih Barca dan Argentina Cesar Luis Menotti menilai langkah yang diambil Messi akibat akumulasi atas banyak hal, meski dia tak mau banyak menduga-duga apa penyebab utamanya.

Terlepas dari itu, Menotti percaya masih ada peluang besar Messi berubah pikiran.

"Sangat sulit untuk memberikan sebuah pendapat karena Messi mengatakan apa yang dia katakan. Ada masanya ketika motivasi untuk berada di tim nasional hilang, untuk ribuan alasan yang tidak bisa saya jelaskan," ujarnya kepada Sport.

"Anda harus membicarakannya dengan dia. Saya yakin ada banyak hal yang dia alami, dan kemudian mereka (Argentina) tidak juara. Saya yakin Messi akan mengubah pikirannya," demikian pelatih yang membawa Argentina juara Piala Dunia 1978 ini.(dtk/rt)