Menpora: Timnas Bisa Tiru Semangat Juang Portugal

Selasa, 12 Juli 2016

foto internet

JAKARTA - riautribune : Menteri Pemuda dan Olah Raga Imam Nachrawi memetik hikmah dari kemenangan tim Portugal atas tuan rumah Prancis di ajang Piala Eropa 2016 pada final Senin (11/7) dinihari.

Pasalnya, dengan skor 1-0, Portugal tetap memberikan perlawanan meskipun terus dibombardir Prancis. Padahal, Portugal harus bermain tanpa kapten sekaligus pemain andalannya Christiano Ronaldo yang ditandu akibat cidera sejak menit ke-23.

"Dengan keterbatasan dan prediksi yang tidak banyak yang menjagokan Portugal, itu menjadi semangat dan motivasi pemainnya untuk menang. Apalagi setelah Ronaldo cidera," ujar Imam di kantornya, Jalan Gerbang Pemuda, Jakarta, Senin (11/7).

Dia berharap, semangat juang para pemain Portugal tersebut bisa ditiru oleh pemain Timnas Indonesia. Artinya, tidak ada keterbatasan bagi sebuah tim untuk menunjukkan totalitas dan semangat juang di lapangan.

"Jika Portugal bisa, Timnas Indonesia pun pasti bisa," timpal Imam.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengaku menyaksikan langsung pertandingan final. Imam sempat pesimis saat Ronaldo mengalami cidera setelah berbenturan dengan Payet pada menit ke-17. Setelah mendapatkan perawatan dan memaksakan tampil, bintang Real Madrid itu benar-benar harus menepi keluar lapangan.

Namun, Portugal akhirnya berhasil mencetak gol melalui pemain pengganti Eder di menit 109, dan mempertahankan keunggulan.(rmol/rt)