Polres Siak Lakukan Pengamanan Peringatan May Day, Pantau Aksi Secara Real Time Lewat Drone

Rabu, 01 Mei 2024

Massa aksi Hari Buruh di Siak

SIAK, Riautribune.com - Terhitung sebanyak 145 orang Personel Kepolisian dan puluhan personel gabungan dari TNI serta Satpol PP tampak mengamankan Hari Buruh Internasional atau May Day di depan Kantor Bupati Siak, Komplek Perkantoran Tanjung Agung, Kecamatan Mempura, Siak Sri Indrapura, 1 Mei 2024 siang.

Aksi damai dalam peringatan hari buruh Internasional (May Day) ini dilakukan oleh Persatuan Buruh Kabupaten Siak yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Industri Kelapa Sawit yang terdiri dari 10 serikat pekerja di wilayah Kabupaten Siak. Tampak kegiatan aksi tersebut diikuti lebih kurang seratus orang dari berbagai wilayah.

Kapolres Siak, AKBP Asep Sujarwadi SIK MSI, yang memimpin langsung pengamanan unjuk rasa (Unras) Hari Buruh tahun 2024 di kantor Bupati Siak itu mengatakan, pihaknya tetap komitmen dalam menjaga kondusifitas Kamtibmas di wilayah Kabupaten Siak.

Dalam kesempatan unjuk rasa peringatan hari buruh internasional kali ini, pihaknya menerapkan pengamanan humanis dan melakukan pemantauan langsung jalannya unjuk rasa dengan menggunakan drone yang terkoneksi melalui jaringan internet dan dapat disaksikan langsung di posko digital polres Siak serta pos Command Center Polda Riau dan Mabes Polri.

"Alhamdulillah, teman-teman buruh yang melakukan aksi damai hari ini terpantau kondusif, dan menyampaikan aspirasinya dengan baik dan sesuai dengan undang-undang dan peraturan yang berlaku, semuanya terpantau dengan baik melalui sistem pemantauan secara real time ini," sebut Kapolres Siak AKBP Asep Sujarwadi SIK MSi didampingi oleh Kabag Ops Polres Siak Kompol Didi Antoni saat ditemui Riautribune.com di Pos Mobile Polres Siak.

Pimpinan Korps Bhayangkara wilayah hukum Kabupaten Siak itu juga menjelaskan, sistem pemantauan secara langsung ini merupakan inovasi Polres Siak yang sudah dimanfaatkan di beberapa event besar di Kabupaten Siak seperti Tour de Siak dan juga perhelatan Pemilu kemarin, serta akan digunakan pada Pilkada nanti dalam melakukan pengawasan kampanye, rapat umum, dan kegiatan lainnya.

Menurutnya, inovasi ini sangat membantu dalam melakukan pengamanan secara maksimal karena dapat diakses dari mana saja dan pemantauan secara menyeluruh dapat dilakukan secara real-time, baik dari jumlah massa yang diamankan maupun penempatan personel.

"Kita dapat memprediksi dengan cepat serta dapat memanfaatkan inovasi ini agar dapat mencegah hal-hal yang dapat mengganggu stabilitas keamanan dengan menghitung kekuatan pengamanan yang dibutuhkan," terangnya.

Dalam kesempatan itu, Kasatpol PP Kabupaten Siak, Winda Syafril, S.Sos yang didampingi oleh Kadisnakertrans Kabupaten Siak Syaifullah S.IP,  dan Kepala Kesbangpol Siak, Syamsurizal, SE, MSi, mengucapkan terimakasih kepada Kapolres Siak beserta jajaran yang telah melakukan pengamanan ekstra dengan inovasi teknologi yang luar biasa.

"Terimakasih pak Kapolres Siak dan jajaran, yang turut mengamankan aksi damai peringatan hari buruh ini dengan baik dan kondusif, sistem pengamanan dengan inovasi teknologi ini benar benar luar biasa, semoga kondusifitas Kabupaten Siak tetap terjaga dengan baik," sebutnya.

Adapun tuntutan aksi damai Peringatan Hari Buruh hari ini di Siak diantaranya, Cabut Undang-undang Omnibuslaw Cipta Kerja, Naikkan Upah UMK Siak 2024, Pensiun Pekerja sesuai undang-undang, Hapus sistem kerja Kontrak dan Outsourcing, Laksanakan Reforma Agraria Sejati, Stop Kekerasan dan pelecehan seksual terhadap buruh perempuan, serta Pendidikan dan kesehatan gratis bagi pekerja.

Adapun serikat pekerja yang tergabung dalam masa aksi itu diantaranya, KBBI Riau atau Partai Buruh Kabupaten Siak, FSP IPSI, KC FSPMI Kabupaten Siak, SP2KS PT AIP, SPTP PT KTU, SP Minamas, SPM SISL, dan SB Gebuk PT IKPP.

Setelah menyampaikan tuntutan aksi damai, dan disambut oleh Perwakilan Pemerintah Kabupaten Siak yakni Asisten 1 Setdakab Siak Fauzi Asni, masa aksi pun membubarkan diri dengan tertib. (Rizal Iqbal)