Petani Binaan CSR PT IKPP Sukses Tanam Semangka di Lahan Sawit, 4,5 Ton Habis Terjual Dalam 3 Hari

Rabu, 17 April 2024

SIAK, Riautribune.com - Upaya PT Indahkiat Pulp and Paper (PT IKPP) dalam membantu perekonomian masyarakat di wilayah operasional perusahaan tampak bukan bualan semata.

Tak sedikit masyarakat yang telah terbantu dengan  Corporate Social Responsibility (CSR) PT IKPP Perawang Mill yang terus berinovasi dalam segala bidang usaha, seperti pertanian, peternakan, kewirausahaan, tata boga dan lain sebagainya.

Seperti salah satunya Triono. Ia merupakan salah satu warga dari Kampung Pinang Sebatang Barat, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Provinsi Riau yang dulunya merupakan petani sawit dan saat ini Petani binaan CSR PT IKPP Perawang angkatan ke 12.

Triono memiliki lahan sawit lebih kurang 4 hektar yang baru beberapa tahun ditanamnya. Di sela-sela tanaman sawit itulah Triono memanfaatkan lahan untuk bertani.

Memanfaatkan lahan yang ada itu diakuinya didapat saat mengikuti pelatihan pertanian terpadu CSR PT IKPP Perawang.

Berbagai komoditi pertanian pun digelutinya untuk mengembangkan potensi lahan dan untuk menambah perekonomian keluarganya. Seperti, Pepaya, Sayuran, cabe rawit putih, terong, timun, dan Semangka.

"Alhamdulillah pak, ini semua berkat ilmu yang diperoleh dari pelatihan yang ditaja oleh CSR PT IKPP, kami bisa kembangkan usaha pertanian kami," ungkap Triono kepada Riautribune.com Rabu 17 April 2024 sore.

Triono mengatakan, saat ini dirinya sedang menjual hasil panen Semangkanya yang berhasil tembus diangka 4,5 Ton.

"Sudah terjual 3,5 ton pak, tinggal 1 ton lagi, semangka kuning dan semangka merah non biji, untuk yang kuning itu kita jual Rp 5 ribu per kilogram dan yang non biji itu Rp 6 ribu perkilogram," jelasnya.

Dirinya sangat bersyukur atas kesempatan dan bantuan yang diberikan oleh PT IKPP Perawang melalui CSR nya, sehingga perekonomian keluarganya sangat terbantu.

"Alhamdulillah pak, CSR PT IKPP ini sangat membantu kami, dari ilmu, pinjaman modal hingga pemasaran juga tetap kami dibantu, saat ini kami jualan di depan Bank Sinarmas Mas dekat pintu gerbang PT IKPP pak, kami sangat berterima kasih kepada PT IKPP yang telah memberikan kesempatan ini kepada kami," sebutnya.

Ia pun berpesan kepada petani binaan CSR PT IKPP lainnya yang saat ini juga sedang berjuang untuk panen hasil pertanian agar tetap semangat dan tekun hingga memperoleh hasil panen yang diharapkan.

"Buat teman-teman petani lainnya, jangan patah semangat, tetap tekun semoga teman-teman binaan lainnya juga dapat berhasil dengan hasil panen yang melimpah," pesanya.

Menanggapi hal itu, Pimpinan PT IKPP Perawang Hasanudin The melalui Kordinator CSR Murseno SAP mengatakan, pihaknya turut senang melihat perkembangan dan berhasilnya para petani binaan. Ia pun berharap, apa yang diraih oleh Triyono ini bisa menjadi contoh juga untuk petani binaan lainnya.

"Alhamdulillah, apa yang diraih oleh Pak Triono ini merupakan usaha yang luar biasa, semoga Pak Triono juga dapat menjadi contoh bagi petani binaan lainnya," pungkasnya. (Rizal Iqbal)