20 Pendakwah Muda Masuk Final Audisi Da'i Muda Tualang, Dewan Juri: Semua Peserta Sangat Luar Biasa

Ahad, 24 Maret 2024

SIAK, Riautribune.com - Audisi Da'i muda tingkat SMP dan SMA sederajat se Kecamatan Tualang telah memasuki babak Final. 20 orang peserta tampil memukau di gedung aula serbaguna mes Bunut PT Indah Kiat Pulp and Paper Perawang, Sabtu 24 Maret 2024 siang. 

Lomba Da'i dan Daiyah muda Kecamatan Tualang ini diikuti sebanyak 124 orang pelajar dari siswa tingkat SMP dan SMA se Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau. 

Dimulai sejak tanggal 7 Maret 2024 yang lalu, seluruh peserta mulai menunjukkan kepiawaiannya dalam berdakwah. 

Hingga akhirnya, audisi yang di inisiasi oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Tualang dan PT IKPP Perawang itu tiba di babak Final. 20 orang peserta pun telah dinyatakan lolos ke Final. 

Dari 20 orang peserta itu, 10 orang diantaranya merupakan peserta ditingkat SMP sederajat, dan 10 orang lagi merupakan peserta tingkat SMA sederajat. 

Peserta Da'i muda tingkat SMP yang lolos ke Final diantaranya, Muhammad Mulyadi dari SMP Negeri 5 Tualang, Dara Queensha Septriyani dari SMP Negeri 3 Tualang, Zahra Qolby Sabrina dari SMP Negeri 1 Tualang, Khansa Zafira dari SMP YPPI Tualang, dan Dila Mulia Riska dari SMP YPPI Tualang. 

Kemudian, Khairul Azzam Ritonga dari Pondok Pesantren MTs Al Fattaha Tualang, Dzakiyyah Aidhila SMP YPPI Tualang, Almeira Nazwa Azzahra dari SMP Negeri 1 Tualang, Risya Yazka Azizah Ramadhan dari SMP YPPI Tualang, dan Athifa Ginatha Putri dari SMP Plus Muhammadiyah Tualang. 

Sementara untuk peserta Da'i Muda tingkat SMA yang lolos ke babak Final diantaranya Azzah Rotun Nisak dari Pondok Pesantren Iaanatuth Thalibin, Siti Rohani Balqis dari SMK Negeri 1 Tualang, Maya Anggraini dari SMA Negeri 5 Tualang, Raihan Rahmansyah dari Pondok Pesantren MAS Iaanatuth Thalibin, dan Rizky Antoni dari SMA Negeri 1 Tualang. 

Kemudian, Tazkia Aulia Rahmi dari Pondok Pesantren MAS Iaamatuth Thalibin, Muhammad Abdur Rayid dari MAN IC Siak, Raihan dari SMA Negeri 1 Tualang, Elshy Sela Damita dari SMK Yamatu Tualang, dan Muhammad Shafrinaldi dari Pondok Pesantren MAS Iaanatuth Thalibin. 

Dalam babak final ini para peserta diberikan kesempatan memilih judul ceramah yang akan dibawakan di masing-masing tingkatan. 

Seperti peserta tingkat SMP sederajat diberikan tema Dibalik kesulitan akan ada kemudahan, Curhatkan isi hatimu kepada Allah SWT, dan Al-Qur'an merubah hidupku. 

Sementara untuk peserta Da'i Muda tingkat SMA sederajat, diminta untuk memilih salah satu tema dari tema yang telah disiapkan panitia, diantaranya Menjadi remaja yang tangguh di tengah gempuran media sosial, Bisakah gamer berprestasi di sekolah dan Jauhi pergaulan bebas dengan bergabung ke remaja mesjid. 

Semua peserta pun terlihat sangat menguasai tema-tema ceramah yang akan dibawakan masing-masing peserta di hadapan dewan juri dan penonton yang memenuhi gedung serbaguna milik PT IKPP itu. 

Setiap penampilan peserta di babak final ini, langsung di komentari dan dinilai oleh para Juri yang merupakan tokoh dan pengurus MUI Kecamatan Tualang, diantaranya Bagus Setiawan, MH, Hasmaruddin M.Pd, Rinaldi S,Ag, Burhanudin Gayo. 

"Semua peserta yang berhasil lolos ke babak final ini merupakan peserta yang luar biasa. Mereka semua mampu membawakan tema-tema ceramah yang telah disiapkan dengan maksimal," ungkap salah satu dewan juri Bagus Setiawan yang didampingi oleh dewan Juri lainnya saat ditemui Riautribune.com usai acara. 

Dewan juri pun berharap, para peserta audisi Da'i Muda Kecamatan Tualang ini nantinya diharapkan dapat terus menjadi pendakwah dibawah pembinaan MUI Tualang. 

"Para pemenang nantinya akan kita umumkan saat buka bersama dengan Pak Bupati Siak. Tentunya mereka ini kita harapkan akan terus menjadi pelopor pendakwah di Kecamatan Tualang, kita pun optimis akan terus membina Da'i Muda ini kedepannya, hingga para da'i muda ini nantinya akan turut mengisi jadwal-jadwal ceramah di Kecamatan Tualang," sambung Burhanuddin Gayo. 

Sementara itu, Pimpinan PT IKPP Perawang, Hassanudin The yang diwakili langsung oleh menager Public Affair PT IKPP Perawang, Armadi SE mengapresiasi seluruh peserta yang telah menunjukkan penampilan yang sangat luar biasa. 

Dirinya menilai, para Da'i Muda Kecamatan Tualang ini mampu menjadi pelopor pendakwah milenial kedepannya. 

"Semua peserta sangat luar biasa di Final ini, kita yang menonton pun langsung terbawa kedalam ceramah yang dibawak para peserta ini, semoga para da'i muda ini nantinya dapat menjadi contoh bagi generasi muda lainnya dalam mensyiarkan agama Islam," ungkapnya. 

Pimpinan Humas PT IKPP itu juga mengatakan, para peserta da'i muda ini nantinya akan mendapatkan buku Tulis dan Al-Qur'an. Para juara nantinya juga akan mendapatkan uang pembinaan dan juga sertifikat penghargaan. 

"Selamat bagi para peserta, semoga hasil nilai peserta yang masuk final ini memuaskan, teruslah belajar dan menjadi sosok pendakwah muda terbaik untuk generasi penerus bangsa," ujarnya. 

Kegiatan itupun tampak diakhiri dengan berbuka puasa bersama dan sholat magrib berjamaah. 

Pengumuman pemenang audisi dan pemberian penghargaan dikabarkan akan dilaksanakan pada tanggal 30 Januari 2024 yang akan dihadiri langsung oleh Bupati Siak Drs H Alfedri. (Rizal Iqbal)