Dorong Lahirnya Pendakwah Muda dari Perawang, PT IKPP dan MUI Tualang Gelar Lomba Da'i Muda

Kamis, 07 Maret 2024

Lomba Dai Muda di Perawang

SIAK, Riautribune.com - Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah pada tahun 2024 Masehi, PT Indahkiat Pulp and Paper (IKPP) bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Tualang menggelar Audisi (lomba) Da'i Muda untuk tingkat SMP dan SMA se Kecamatan Tualang, Kamis 7 Maret 2024 pagi. 

Kegiatan pembukaan audisi Da'i ini dihadiri oleh Upika Tualang, Ketua MUI Tualang, Ketua LAMR Kecamatan Tualang, dan tokoh-tokoh agama di kecamatan Tualang serta guru-guru dan para peserta da'i muda. 

Audisi Da'i Muda Tualang ini juga merupakan lomba pendakwah yang pertama kalinya di gelar di Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau, yang diinisiasi oleh MUI Tualang bersama PT IKPP Perawang. 

Tak tanggung-tanggung, terhitung sebanyak 124 orang pelajar dari siswa tingkat SMP dan SMA turut ambil handil menjadi peserta lomba. Diantaranya 46 orang siswa dari 9 SMA di Tualang dan 78 orang Pelajar dari 13 SMP di Kecamatan Tualang. 

Para peserta akan unjuk kepiawaian berdakwah selama 4 hari, dari 13 Maret hingga 16 Maret 2024 mendatang. 

Ketua MUI Kecamatan Tualang, Drs H Khairudin Rasul melalui ketua panitia audisi Da'i Muda, Rinaldi mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menjaring potensi da'i Muda yang berada di Kecamatan Tualang, dan menyalurkan bakat berdakwah bagi generasi muda. 

"Berhubung saat ini memasuki bulan suci Ramadhan, MUI Tualang bersama PT IKPP memberikan kesempatan bagi kaula muda untuk menyalurkan bakat dalam berdakwah. Ini peluang bagi anak-anak kita yang memiliki bakat berdakwah, tentunya ini juga sebagai ajang penjaringan bagi para da'i Muda untuk menjadi pendakwah terbaik dimasa yang akan datang," jelas Rinaldi. 

Humas MUI itu juga mengatakan, peran da'i dalam kehidupan sangat besar. Da'i atau pendakwah adalah orang yang menjadi fungsi kontrol kebaikan di tengah masyarakat. 

"Dan kehidupan itu harus dipenuhi orang yang berfungsi saling mengingatkan kebaikan itu tadi. Orang yang hidup di tengah masyarakat itu seperti sebuah kapal di bahtera, kalau ada satu saja yang melubangi kapal, wajib untuk orang lain saling mengingatkan," jelasnya. 

"Perintah untuk saling mengingatkan tertera dalam Al-Qur'an Surat Al Asr, sungguh manusia berada dalam kerugian, kecuali mereka yang beriman, beramal soleh dan mereka yang saling mengingatkan," sambungnya. 

Ia pun berharap, audisi Da'i muda ini menjadi agenda tahunan tetap dan berjenjang untuk karir para pendakwah muda di negeri Istana. 

"Mudah-mudahan para juara nantinya akan berkesempatan mengikuti lomba di tingkat selanjutnya, seperti tingkat Kabupaten, dan insyaallah jika ada kesempatan hingga tingkat nasional," sebutnya. 

Dalam pembukaan audisi Da'i Muda Tualang itu, Rinaldi yang mewakili pihak MUI Tualang juga mengucapkan terimakasih kepada pihak PT IKPP, yang telah turut serta memberikan wadah untuk menyalurkan bakat para generasi pendakwah muda di Kecamatan Tualang. 

"Ini adalah lomba yang pertama kalinya digelar di Tualang, tentunya lomba ini sangat membantu para da'i dan Da'iah untuk menyalurkan bakat-bakatnya, terimakasih PT IKPP yang turut menginisiasi kegiatan ini, semoga perusahaan terus berkembang bersama masyarakat," ujarnya. 

Sementara itu, pimpinan PT IKPP Perawang, Hasanudin The yang diwakili langsung oleh Manager Public Affair PT IKPP Perawang, Armadi SE mengatakan, perlombaan ini merupakan lomba yang sudah lama direncanakan. Namun dikarenakan perlunya saran dan masukan dari berbagai tokoh akhirnya kegiatan ini dapat dilaksanakan saat ini. 

"Inisiasi lomba ini sebenarnya sudah lama hendak digelar, namun kami tentu perlu tunjuk ajar dan saran dari para tokoh masyarakat dan tokoh agama, dan Alhamdulillah kegiatan ini dapat respon yang begitu baik, ditambah lagi dengan semangatnya ketua MUI Tualang yang sangat ingin generasi pemuda di Tualang ini kedepannya menjadi generasi yang islami dan patuh akan perintah agama, tentunya dengan kegiatan ini dapat lahir pendakwah-pendakwah terbaik untuk masa yang akan datang," terangnya. 

Pimpinan Humas PT IKPP itu juga berharap, dengan dilaksanakannya perlombaan da'i Muda Tualang ini, selain mencari pendakwah-pendakwah terbaik, diharapkan dapat menjadi ruang silahturahmi para pemuda untuk mengisi kegiatan positif dan menjauhi kegiatan negatif dikalangan remaja. 

"Tadi ketua panitia berharap jika tahun depan kegiatan dapat dilaksanakan ketingkat Kabupaten, saat ini kita jawab, gak perlu menunggu hingga tahun depan, tahun ini jika dilancarkan dan diizinkan, insyaallah kita akan gelar juga untuk tingkat kabupaten, ini berkat antusiasnya para peserta yang sudah mendaftar hingga seratusan orang, sungguh luar biasa antusiasnya. Sementara untuk tingkat provinsi kita koordinasikan terlebih dahulu ditingkat provinsi, prepare lebih baik agar persiapan lebih matang," sebutnya disambut tepuk tangan yang gemuruh dari seratusan peserta yang hadir di aula Rumah Pintar Abdul Wahid Perawang. 

Dirinya juga berpesan kepada para peserta agar dapat mengikuti perlombaan ini dengan serius agar dapat terus berkarir dan menjadi panutan para pemuda-pemudi penerus bangsa kedepannya. 

"Selamat bertanding, tampilkan lah yang terbaik, buktikan kalau adinda semua merupakan generasi penerus bangsa yang luar biasa, raihlah prestasi terbaik, karena dunia kerja nanti pasti akan mencari adinda semua dengan keahlian publik speaking yang adinda-adinda miliki," ungkapnya. 

Seluruh peserta yang mengikuti audisi Da'i Muda Tualang ini, nantinya akan mendapatkan buku Tulis dan Al-Qur'an. Para juara juga akan mendapatkan uang pembinaan dan juga sertifikat penghargaan. (Rizal Iqbal)