PT Arara Abadi Salurkan Bantuan Beras Untuk Masyarakat Korban Banjir di Riau Melalui BPBD

Senin, 08 Januari 2024

PEKANBARU, Riautribune.com -  PT Arara Abadi sebagai salah satu unit usaha dari APP Forestry Regional Riau, pada hari  Jumat, 5 Januari 2024 yang lalu menyerahkan 2 ton beras kepada Pemprov Riau melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau. 

Bantuan diserahkan oleh Wahyu S.Hut yang mewakli Direktur PT Arara Abadi didampingi oleh 
oleh Humas PT Arara Abadi Nurul Huda dan FOM Decha F.Hane, kepada Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Riau M. Edy Afrizal didampingi Kepala Bidang Kedarutatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Jim Gafur bertempat di Kantor BPBD Riau Jl. Sudirman Pekanbaru. 

Edy Afizal kepada media menyampaikan, sudah sepuluh dari 12 belas Kabupaten/Kota di Riau menyatakan Status Siaga banjir. Banjir di Riau tahun ini luar biasa, ada peningkatan yang cukup signifikan, banyak wilayah-wilayah Desa di Riau yang terendam banjir dan itu mengganggu aktifitas masyarakat. 

"Akibatnya, masyarakat tidak dapat lagi bekerja, mencari penghasilan untuk kebutuhan hidup. Karena itu mereka perlu mendapatkan bantuan," ujarnya. 

Ketika ditanyakan sudah berapa daerah kabupate/kota yang terdampak banjir serta daerah yang sangat kritis, Edy Afizal mengatakan, berdasarkan status Siaga sudah 10 Kabupaten/Kota yang menetapkan, yqkni Kabupaten: Kampar, Kuantan Singingi, Bengkalis, Siak, Pelalawan, Indragiri Hulu, Rokan Hulu, Dumai, Rokan Hilir dan Meranti. 

Sementara untuk daerah yang sangat kritis yaitu: Kampar, Rokan Hulu, Pelalawan, Kuantan Singingi, Inhu. 

"Kita dari Pemprov Riau setiap saat terus memantau perkembangan situasi dan curah hujan serta berkoordinasi dengan BMKG. Dan jika sudah mengkhawatirkan kita akan mengingatkan  kabupaten/kota untuk selalu waspada terhadap bencana banjir,  termasuk memantau perkembangan pembukaan pintu air di PLTA Koto Panjang," jelasnya. 

Selanjutnya M.Edy Afrizal menambakan, bencana ini bukan tanggungjawab pemerintah saja, tapi tanggungjawab bersama antara pemerintah, masyarakat, pihak swasta/dunia usaha, kalangan akademisi dan juga kalangan media. 

"Kebersamaan ini yang terus kita bina. Kita mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada APP Forestry dan PT Arara Abadi, mudah-mudahan ada perusahaan swasta lainnya, juga BUMN mapun BUMD  yang lain yang tergerak hatinya untuk membantu masyarakat," harapnya. 

Sementara itu Wahyu yang mewakili Direktur PT Arara Abadi-APP Forestry kepada media menyampaikan penyerahan bantuan dari perusahaan ini adalah sebagai wujud kepedulian perusahaan atas musibah bencana banjir yang terjadi pada beberapa daerah di Rau. 

”Kami dari APP Forestry melalui PT Arara Abadi hari ini menyerahkan bantuan beras kepada Pemprov melalui BPBD Riau untuk disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan. Mudah-mudahan bantuan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat yang terdampak bencana banjir," katanya. 

Selain bantuan beras yang diserahkan melalui BPBD Riau, bantuan  lainnya juga dilakukan oleh masing-masing Distrik yang berada di 7 Kabupaten/Kota di Riau, yaitu berupa bantuan Sembako seperti beras, gula, mi instan dan sebagainya. 

"Masing-masing Distrik kami akan berkoordinasi dengan BPBD di masing-masing kabupaten Kota serta melaporkan juga kepada BPBD Riau agar bantuan tersebut tidak tumpang tindih," ujar wahyu.***