DPR Dukung TNI Bangun Pangkalan Militer di Natuna

Selasa, 28 Juni 2016

ilustrasi internet

JAKARTA - riautribune : Wakil Ketua Komisi I DPR, Hanafi Rais mengatakan, pihaknya mendukung rencana TNI untuk membentuk pangkalan militer di Kepulauan Natuna. Hal itu menurutnya penting dilakukan agar menjaga kedaulatan negara.

"Secara militer pemerintah kita punya rencana memperkuat kedaulatan di Natuna, tapi di sisi lain mengoptimalkan kegiatan ekonomi di ZEE harus dikejar juga karena kita punya hak berdaulat memanfaatkan kekayaan alam di sana," kata Hanafi di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (28/6/2016).

Natuna sebagai Zona Ekonomi Eksklusif, kata Hanafi, harus dijaga dengan baik. Salah satu caranya adalah berkomunikasi dengan negara tetangga, seperti Malaysia yang punya pandangan serupa seperti China.

"Komunikasi dengan negara ASEAN perlu dilakukan agar tidak dianggap sebagai sebuah bentuk militerisasi yang megancam negara tetangga, tapi penyikapan yang terukur pemerintah kita terhadap ancaman Tiongkok terhadap ZEE kita," tegasnya.

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengingatkan Kementerian Luar Negeri untuk menjaga hubungan dengan negara Asean. Jangan sampai hubungan baik yang ada terpengaruh dengan pergerakan China.

"Jangan sampai kebersatuan ASEAN terpotong-potong oleh strategi Tiongkok di Laut China Selatan. Semangatnya meredakan ketegangan," tuntasnya.(okz/rt)