Hari Bhakti PU 2023, Bupati Rohil Keluhkan Pengusaha Sawit Enggan Ikut Perbaiki Jalan

Selasa, 05 Desember 2023

BAGANSIAPIAPI, Riautribune.com - Bupati Rohil Afrizal Sintong bersama istri, Ketua TP PKK Rohil Sanimar Afrizal, menghadiri sukuran Hari Bhakti Pekerjaan Umum (PU) ke-79 tahun 2023, yang digegas Dinas PUTR Pemkab Rohil, Selasa (5/12/2023). 

Bupati Rohil Afrizal Sintong menyampaikan selamat memperingati Hari Bhakti PU ke-78 kepada seluruh ASN Dinas PUTR Pemkan Rohil yang telah bekerja melaksanakan pembangunan fisik jalan, jembatan, dan lainnya di Rohil. 

Di acara itu, Bupati sempat curhat mengenai pengusaha sawit yang enggan ikut serta memelihara dan merawat jalan di Rohil. Bupati mencontohkan persoalan ruas jalan yang sering bermasalah (berlubang atau rusak disebabkan truk sawit), yakni Jalan Kubu. 

"Dalam satu hari ada sekitar 700 mobil cold pengakut sawit lewat Jalan Kubu. Ada ruas jalan yang rusak hanya 30 meter. Saya ajak toke sawit bantu perbaiki, nyumbang satu karung kerikil. Kalau satu karung, dapat 700 karung. Kan sudah bisa buat nimbun. Tapi mereka itu saja tak mau," ucap Bupati. 

Pengusaha dan pemilik truk, jelas Bupati, tetap menunggu pemerintah memperbaikinya. "Mereka menunggu pemerintah (memperbaiki). Mana pemerintah, mana pemerintah. Jadi kalau seperti ini, 50 tahun pun dilakukan pembangunan jalan tidak akan bisa teratasi," tutur Bupati. 

Meski menghadapi berbagai persoalan, Bupati Berharap kepada Dinas PUPR Pemkab Rohil terus memotivasi dan berinovasi, dalam membangun jalan, jembatan dan infrastruktur.  

"Keterbatasan anggaran menyebabkan tidak semua pembangunan infrastruktur dapat terlaksana secara merata. Sehingga, kerja sama dengan semua pihak, baik perusahaan maupun pengusaha sangat dibutuhkan," jas Bupati. 

Ia uga meminta peralatan kerja Dinas PUTR senantiasa dalam kondisi baik dan siap pakai. "Kerja yang bagus, dan alat kerja juga jangan sampai rusak," ujarnya. 

Kepala Dinas PUTR Pemkab Rohil Asnar mengatakan, Hari Bakti PUTR ke-78 merupakan momentum meningkatkan nilai-nilai, semangat, disiplin, pengabdian, sportivitas bekerja, dan moment menginggat sejarah terbentuk PU. 

PUTR Rohil, sebut Asnar, telah melaksanakan pembangunan berbagai proyek strategis, antara lain pembangunan Jembatan Sintong, pembangunan Gapura dan berbagai pembangunan infrastruktur lain, seperti jalan, jembatan, serta bangunan. 

Pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan, sebutnya, merupakan program prioritas Bupati Rohil Afrizal Sintong,  bertujuan untuk pemerataan akses di seluruh wilayah terutama daerah terisolir. 

"Terimakasih kepada Bapak Bupati, dan berbagai pihak yang telah turut serta memeriahkan peringatan hari Bhakti PU. Kepada seluruh jajaran PUTR Rohil agar menanamkan sikap kerja keras, cepat, dan tanggap dalam menjalankan pekerjaan," tandas Asnar. 

Hari Bhakti PU 2023, ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati bersama Ketua TP PKK Rohil Sanimar Afrizal, serta penyerahan bingkisan kepada penisunan PUTR, dan santuna kepada anak yatim-piatu. 

Hari Bhakti PU ke 78 dihadiri Kadishub Budi Fitriadi, Ka BKPSDM Acil Rustianto, Kapolsek Bangko Kompol Ihut M.T Sinurat 
Wadanramil 01/Bangko Kapten Arh Simson Siregar, Sekwan DPRD Rohil H Sarman Syahroni, dan lain-lain. (amran)