Cuma Selisih 7 Detik dengan Jericho Jay, Thanachat Yatan dari Thailand Sukses Juarai Etape 3

Senin, 04 Desember 2023

SIAK, Riautribune.com - Pebalap Sepeda dengan nomor punggung kepesertaan 84 Thanachat Yatan dari Roojai Online Insurance Team berhasil mengayuh sepedanya hingga menjadi juara pada etape ketiga Tour De Siak 2023, Senin 4 Desember 2023 siang. 

Pebalap yang berkebangsaan Thailand itu terus dibayangi oleh Jerico Jay Lucero dari Go For Gold Cycling Team saat melaju menuju garis finis. 

Hanya selisih 7 detik, Thanachat Yatan tercatat menyentuh garis finis pertama dengan torehan waktu 2 jam 43 menit 23 detik dan disusul oleh Jericho Jay Lichero dari Tim Go for Gold Filipina dengan catatan waktu 2 jam 43 menit 23 detik. 

Sementara diposisi ketiga menyentuh garis finis yaitu pebalap asal Filipina Emanuel Dave Montemayor dari Anak Brunei Cycling Team dengan capaian waktu 2 jam 43 menit 23 detik. 

Thanachat Yatan mengatakan, sejak awal lap pertama dirinya sudah berusaha untuk keluar dari pleton (rombongan pebalap saat balapan) dengan memacu sepedanya dengan cepat. 

"Sejak awal saya sudah berusaha untuk menjadi yang terdepan, hingga akhirnya dua kali saya berhasil keluar dari pleton dan finis pertama," sebutnya. 

Meskipun dirinya menjuarai etape ketiga, dalam klasmen umum individual, dirinya hanya menduduki posisi ke-11 untuk total tiga etape Tour De Siak 2023. Demikian juga dengan dua pembalap Filipina yang hanya bertengger pada posisi 12 dan 37. 

Sementara itu, pebalap Indonesia Rahmad N Wibisono dari tim BSP Cycling Team harus puas pada posisi keempat. Namun begitu Rahmad berhasil menjadi juara sprint pada Etape III tersebut. 

Sedangkan Maulana Astnan dari Nusantara Cycling Team yang yang menjuarai Etape kedua kemarin hanya mampu finis di posisi ke-29. Tapi dalam klasemen umum individu berdasarkan waktu dalam tiga etape dia menduduki posisi pertama. (Rizal Iqbal)