Etape Ketiga 119 Kilometer Tour de Siak 2023 Hanya diikuti oleh 56 Pebalap

Senin, 04 Desember 2023

SIAK, Riautribune.com - Etape ketiga Tour De Siak 2023 yang merupakan Siak city race dengan jarak total sepanjang 119 kilometer dikabarkan hanya diikuti sebanyak 56 orang pebalap. 

Hal itu tampak jelas tertulis di papan Sign On Board saat jelang dimulainya balapan dengan total 6 Lap mengitari kota Siak (Siak City Race), Senin 4 Desember 2023 di depan Istana Siak. 

Adapun nama pebalap yang tak dapat mengikuti balapan pada etape ketiga ini diantaranya : 

1. Muhammad Raihan Mohd Airudin dari tim Nasional Singapura (Singapore National team) dengan nomor punggung kepesertaan 21. 

2. Phan Cong Hieu dari Dong Nai Cycling Team negara Vietnam, dengan nomor punggung kepesertaan 33. 

3. Nati Samansanti dari Grant Thornton Cycling Team Negara Thailand dengan nomor punggung kepesertaan 44. 

4. Simons Saharat dari Grant Thornton Cycling Team Negara Thailand dengan nomor punggung kepesertaan 45. 

5. Hj Abu bakar, PD Hj Abdul Wahab dari Anak Brunei Cycling Team negara Brunei Darussalam dengan nomor punggung kepesertaan 62. 

6. Amiruddin Haji Amir dari Anak Brunei Cycling Team negara Brunei Darussalam dengan nomor punggung kepesertaan 63. 

7. Kim Eunbyeol dari KSPO Cycling Team negara Korea Selatan dengan nomor punggung kepesertaan 72. 

8. Ilham Sultansyah Hefnar dari Roojai Online Insurance Team dengan nomor punggung kepesertaan 83. 

9. Moh Nur Aiman, Moh Zarrif dari BSP Siak Mix Team dengan nomor punggung kepesertaan 91. 

Wakil Bupati Siak H. Husni Merza, BBA, MM yang didampingi oleh Sekda Siak H Arfan Usman MSi, Kadis Pariwisata Siak, Tekad Perbatas Setia Dewa, dan Kapolres Siak AKBP Asep Sujarwadi SIK MSi usai melepas para pebalap dari garis start pada etape ketiga mengatakan, hanya 56 orang pebalap yang mengikuti start. 

9 orang diantaranya dinyatakan tidak dapat melanjutkan balapan dengan berbagai faktor. 

"Sesuai dengan penjelasan Race Director pada evaluasi etape kedua malam tadi, hingga hari ini total pebalap yang tidak dapat ikut start pagi ini ada 9 orang. Ini dikarenakan berbagai faktor ada yang tak dapat lanjut dikarenakan sakit, ada yang waktunya di etape sebelumnya tidak tercapai dan ada juga yang dikarenakan kecelakaan saat balapan di etape kedua kemarin," terangnya. 

Wabup Husni juga tidak mengatakan, Iven Tour de Siak 2023 ini memiliki tantangan dan rintangan yang sangat luar biasa bagi para pebalap. 

Sejak etape pertama hingga etape kedua kemarin, para pebalap sudah disuguhkan dengan tantangan cuaca ditambah lagi dengan jalan yang sangat menantang hingga jarak tempuh yang sangat panjang pada etape kedua kemarin. 

"Dari 65 orang pebalap, sekarang tinggal 56 orang yang akan menjajal 6 putaran (Lap) Siak City Race dengan total jarak tempuh sepanjang 119 kilometer. Mudah-mudahan hari ini tidak ada kecelakaan lagi atau zero accident," sebutnya. 

Sementara itu, Kapolres Siak AKBP Asep Sujarwadi SIK MSi, yang terus tampak memantau dan mengamankan jalannya Tour De Siak tahun 2023 ini mengatakan, hingga hari ini, harkamtibmas dalam Iven ini masih terjaga dengan baik. 

Dirinya pun berharap, pada etape ketiga ini, masyarakat dan seluruh element di Kabupaten Siak ini tetap komitmen dalam mensukseskan ajang balap Internasional ini. 

"Alhamdulillah semuanya berjalan lancar, aman dan kondusif. Masyarakat Siak sangat luar biasa. Sejak etape satu hingga hari ni, semunya kita pantau dengan aplikasi mumble secara real time berjalan dengan baik dan harkamtibmas tetap terjaga," sebutnya. 

Tampak berada di barisan depan mengenakan Jersey kuning Astnan Maulana dengan nomor punggung 122 dari Nusantara Cycling team yang berhasil menjuarai etape kedua dengan torehan waktu 3 jam 54 menit 18 detik. 

Disusul oleh pebalap bernomor punggung 111 Bernard Van Aert, dari Mula Cycling Team, yang menjadi juara II pada etape kedua dengan torehan waktu 3 jam 54 menit  32 detik dan Juara ketiga Muhamad Abd Rasim nomor punggung 55, asal Malaysia Pro Cycling dengan torehan waktu 3 jam 54 menit 35 detik. 

Para pebalap memulai balapan pada etape Ketiga ini pada pukul 10.00 WIB yang dilepas langsung oleh Wabup Husni dan Kapolres Siak. (Rizal Iqbal)