Soroti Hasil Seleksi Dirut BRK Syariah, DPRD Segera Panggil Pansel

Rabu, 25 Oktober 2023

Agung Nugroho

PEKANBARU, Riautribune.com - Panitia seleksi (Pansel) mengumumkan tiga nama calon Direktur Utama (Dirut) Bank Riau Kepri (BRK) Syariah yang lulus Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK). 

Ketiga nama tersebut diantaranya, Fajar Restu Febriansyah SE, Dr Ferry Ardiansyah STP MM, dan Hendra Buana SE MM. Ketiga menyisikan empat calon lainnya, yakni Imran SE, Irfan Budiman, Muhammad Jazuli, dan Syafid Hidayat. 

"Iya, sudah kita umumkan tiga nama calon Dirut BRK Syariah, yaitu Fajar Restu, Ferry Ardiansyah dan Hendra Buana," kata Ketua Pansel Calon Dirut BRK Syariah, M Job Kurniawan, Rabu (25/10/2023). 

Job mengatakan, tiga nama yang lulus UKK merupakan rekomendasi Komite Nominasi dan Remunerasi berdasarkan nilai yang diberikan Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI). 

"Selanjutnya, ketiga nama ini kita serahkan ke Biro Perekonomian dan SDA Setdaprov Riau menyampaikan ke pemegang saham untuk proses wawancara dengan Pak Gubernur," terangnya. 


Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho yang menyoroti proses seleksi tersebut meminta agar Pansel untuk tidak asal memilih calon Dirut. 

"Berdasarkan apa yang kami amati dan masukan dari berbagai elemen masyarakat, kami minta Pansel tidak asal memilih calon Dirut pada tahap wawancara akhir nantinya," ungkap Agung Nugroho, Rabu (27/10/2023). 

Apa yang disampaikan Agung bukan tanpa sebab. Pasalnya pada tahun ini deviden BRK Syariah terhadap Pemprov Riau tahun 2023 minus sebesar Rp300 miliar. Maka dari itu dalam waktu dekat, dewan akan segera memanggil Pansel untuk menanyakan langsung proses seleksi hingga tahap akhir. 

"Sebagai pengawas kami ingin Dirut yang terpilih merupakan orang-orang yang berkompeten. Selain memanggil Pansel kami juga akan jumpai Pak Gubernur menjelang pengumuman," pungkasnya.***