Mengenal Lebih Dekat Hewan Imut Bernama Sugar Glider

Selasa, 26 September 2023

Salah seorang pengunjung sedang berinteraksi dengan Sugar Glider

PEKANBARU, Riautribune.com – Ada berbagai macam komunitas pecinta hewan di Pekanbaru, salah satunya adalah pecinta hewan mungil Sugar Glider. Komunitas bernama Sugieglide ini menggelar pameran di Living World Pekanbaru. 

Pemeran hewan menggemaskan bernama Sugar glider ini banyak menarik perhatian para pengunjung. Mereka pun mencoba berinteraksi langsung dengan hewan imut itu. 

Sugianto, selaku owner Sugieglide Pekanbaru menjelaskan,  Sugar glider (Petaurus Breviceps) merupakan salah satu binatang mamalia berkantong yang berasal dari Indonesia (Papua). 

Mamalia yang satu ini termasuk spesies omnivora kelas marsupial yang nokturnal, dimana hewan ini berkembang biak dengan cara melahirkan dan betinanya memiliki ciri-ciri tubuh kecil dan berkantong seperti kangguru. 

Dinamakan sugar glider karena binatang ini menyukai makanan manis dan memiliki memberan yang membuat mereka bisa meluncur (glide), jadilah dinamakan sugar glider

Ukuran tubuh sugar glider yaitu sekitar 24-40 cm. Selain tubuhnya yang kecil dan mungil, sugar glider juga memiliki karakter dan watak yang unik, lucu, pintar, serta menggemaskan. Maka wajar saja jika hewan ini banyak dipelihara baik oleh masyarakat Indonesia atau pun masyarakat di berbagai belahan dunia lainnya. 

“ Kalau makannya, ya buah-buahan manis contoh apel, pear, semangka, melon, pepaya, sayuran juga. Selain itu mereka juga butuh protein jadi mereka juga makan ulat jerman, ulat hongkong," ungkapnya. 

“ Kalau masalah harga mulai dari Rp 500.000 ribu hingga 3 jutaan rupiah, tergantung dari warna bulu, jenis, dan kelangkaannya. Semakin bagus warna bulu, semakin langka jenisnya maka harganya akan semakin mahal," tambah Sugianto. 

Stand sugarglider menjadi salah satu stand yang ramai dikunjungi, karena banyak dari pengunjung yang tertarik untuk menyaksikan secara langsung Sugar Glider dari dekat. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, bergantian untuk dapat memegang dan juga mengabadikan momen dengan berfoto bersama hewan mungil nan lucu yang satu ini.***