BI Riau Gelar Capacity Building Wartawan, M Nur : “Tingkatkan Kerjasama dan Capai Sasaran Kebijakan”

Jumat, 25 Agustus 2023

Yogya-Riautribune: Upaya untuk terus meningkatkan kompetensi dan pemahaman kalangan jurnalis di Riau, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Riau gelar Capacity Building .  Kegiatan yang dihadiri oleh Kepala BI Riau, sekaligus menjadi program bersama untuk memastikan efektifitas penerimaan masyarakat terhadap program dan kebijakan yang diterapkan.

"Program ini merupakan bagian dari kebijakan BI indonesia, untuk terus menjalin komunikasi baik dengan wartawan dan media lokal yang ada. Sedangkan, Bank Indonesia produknya kebijakan di bidang perbankan dan moneter. Tanpa dukungan wartawan dan media, penerimaan kebijakan BI bisa kurang efektif dan kurang dipahami oleh pelaku usaha, akademisi, dan masyarakat," kata Kepala Kanwil BI Riau, Muhamad Nur saat membuka acara capacity building wartawan 2023 di Yogyakarta pada Jumat (25/8/2023).

Guna meningkatkan sinergitas antara Bank Indonesia dan wartawan media tersebut, BI Riau mengajak Acara ini dinilai penting mengingat komunikasi merupakan elemen integral dari kebijakan Bank Indonesia.

Muhamad Nur berharap kerja sama antara Bank Indonesia dan media terus berlangsung harmonis, mengingat pentingnya saling mendukung dalam upaya penyebaran informasi.

Ia juga mengapresiasi kontribusi media dalam mendukung pemberitaan tentang kegiatan dan kebijakan Bank Indonesia, yang memungkinkan kelancaran pelaksanaan program dan mencapai target yang ditetapkan.

Ia juga menyaksikan sendiri betapa besarnya peran media dalam mendukung keberhasilan kegiatan seperti Festival QREN, Gernas BBI, dan BBWI Riau.

Sehingga, Muhamad Nur menegaskan bahwa dalam konteks kebijakan pengembangan UMKM dan ekonomi syariah, serta bidang lainnya, Bank Indonesia sangat membutuhkan dukungan dari media.

"Seperti kegiatan Festival QREN, kegiatan Gernas BBI dan BBWI Riau yang bisa berjalan dengan baik dengan dukungan dari media dengan pemberitaan yang intens sekali. Ini sangat membantu," sebutnya.

Dengan demikian, acara capacity building ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas tulisan dan pemberitaan media, terutama dalam hal yang terkait dengan kebijakan Bank Indonesia

"Kami berharap kegiatan ini bisa semakin meningkatkan kualitas tulisan dan pemberitaan media terutama terkait dengan kebijakan Bank Indonesia," harapnya.(YAS)