Tak Ada Lagi Pola Zigzag dan Putaran 8, Warga Rohul Antusias Urus SIM

Selasa, 08 Agustus 2023

Seoramg warga mengikuti uji praktik pembuatan SIM

PEKANBARU, Riautribune.com - Satlantas Polres Rokan Hulu mulai menerapkan pola baru dalam uji praktek pembuatan SIM C. Perubahan pola uji praktek ini disambut antusias warga setempat. 

Kapolres Rokan Hulu AKBP Budi Setiyono mengatakan pergantian pola ujian praktek SIM C dari pola zigzag dan angka 8 dihapus dan diganti pola S sejak Jumat (4/8) lalu. Dia mengatakan banyak warga yang langsung mengikuti ujian tes SIM usai pola diganti. 

"Antusias warga sangat banyak sekali setelah Direktorat Lalu Lintas Polda Riau menghapus manuver atau pola angka delapan dan zig-zag pada ujian praktik pembuatan SIM C. Ini juga sesuai arahan Pak Kapolri," kata Budi. 

Budi mengatakan manuver dengan pola huruf S tersebut dinilai lebih memudahkan masyarakat dan dapat diterapkan saat berkendara. Apalagi tujuannya memang untuk melayani masyarakat dengan cara yang praktis. 

"Pola huruf S tersebut tujuannya memang untuk mempermudah masyarakat dalam pembuatan SIM. Masyarakat lebih praktis mengikuti ujian SIM," jelas Budi. 

Salah seorang warga Kabupaten Rokan Hulu mengaku langsung lulus hanya sekali menjalani tes pembuatan SIM. "Saya sekali tes saja langsung lulus. Karena mudah sekali pakai pola S itu, kan sama saja dengan di jalan raya kalau banyak tikungan," kata Sayuti Adi saat dikonfirmasi, Senin (7/8). 

Sayuti menceritakan, sebelum kepolisian menerapkan pola S salam uji pembuatan SIM, salah seorang kerabatnya tidak lulus saat pembuatan SIM. Namun kali ini, pembuatan SIM lebih mudah dijalani masyarakat. 

"Kita tahu di media ada perubahan pola dalam pembuatan SIM, makanya langsung ikut. Kami baca-baca ini program Pak Kapolri (Jenderal Listyo Sigit). Terima kasih Pak Kapolri," ucap Sayuti.***