Komisi III Siapkan 74 Pertanyaan untuk Tito Karnavian

Kamis, 23 Juni 2016

foto internet


JAKARTA - riautribune : Komjen Pol Tito Karnavian akan melakukan fit and proper test di Komisi III DPR, hari ini, Kamis (23/6/2016).

Politikus PDIP, Masinton Pasaribu memastikan, uji kepatutan dan kelayakan akan dimulai sekira pukul 10.00 WIB hingga selesai. Bahkan, anggota DPR telah menyiapkan sekira 74 pertanyaan untuk calon orang nomor satu di kopra Bhayangkara itu.

"Komisi III DPR RI menyiapkan minimal 74 daftar pertanyaan yg akan disampaikan dalam fit and proper test calon Kapolri pada Kamis 23 Juni 2016 yang pelaksanaannya akan dimulai jam 10.0 0 WIB hingga selesai," ujar Masinton melalui keterangan tertulisnya kepada awak media.

Masinton menambahkan, pertanyaan tersebut misalnya mengenai konsepsi calon Kapolri terhadap reformasi internal kepolisian, profesionalisme SDM Polri dalam mengusut kasus-kasus pidana yang efektif dan tidak melanggar HAM, optimalisasi citra Polri yang pernah dianggap sebagai salah satu lembaga penegak hukum yang korup. Serta berbagai pertanyaan lainnya yang telah disiapkan oleh masing-masing anggota Komisi III DPR RI.

"Untuk mewujudkan lembaga kepolisian negara Republik Indonesia sebagai lembaga yang profesional dan berwibawa serta mampu menjawab permasalahan-permasalahan yang semakin kompleks sesuai dengan tugas pokok Polri dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat," imbuhnya.

Sementara pelaksanaan uji kelayakan terhadap calon Kapolri adalah tahapan yang diselenggarakan oleh DPR melalui Komisi III sebelum DPR memberikan persetujuan ataupun penolakan terhadap calon Kapolri yang diusulkan oleh Presiden RI yang diatur dalam Pasal 11, UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.(okz/rt)