Jokowi Gelar Rapat Terbatas Soal Natuna di KRI Imam Bonjol

Kamis, 23 Juni 2016

foto internet

JAKARTA - riautribune : Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi ini bertolak ke Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau. Jokowi dijadwalkan akan meninjau secara langsung kondisi perairan Natuna.

Informasi yang dihimpun, Presiden Jokowi dan rombongan akan berangkat ke Natuna melalui Pangkalan TNI Angkatan Udara, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (23/6/2016)

Jokowi direncanakan akan meninjau secara langsung kondisi Natuna sekaligus menyampaikan sikap pemerintah terhadap wilayah tersebut sebagai bagian kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal tersebut seperti dijelaskan sebelumnya oleh Sekretaris Kabinet, Pramono Anung dan Menko Polhukam, Luhut Binsar Panjaitan.

Pramono menilai kunjungan Presiden ke Natuna untuk menegaskan kembali pentingnya wilayah tersebut sebagai bagian dari kedaulatan negara. "Natuna adalah wilayah NKRI. Itu sudah final," katanya kemarin.

Hal sama juga disampaikan Luhut untuk menyikapi rencana kunjungan Presiden Jokowi ke perairan tersebut. Menurut dia, Presiden Jokowi ingin melihat kondisi Natuna secara langsung. "Nanti setelah lihat, kita rapat nanti kita tahu apa yang kita mau ngomong," ujarnya.

Setelah melihat secara langsung kondisi Natuna, Presiden Jokowi direncanakan akan menggelar Rapat Terbatas (Ratas) dengan Menko Polhukam, Menteri Luar Negeri, Panglima TNI, dan Kapolri serta sejumlah Menteri terkait guna membahas masalah Natuna.

Ratas dengan topik percepatan pembangunan di Natuna rencananya akan dilakukan Jokowi di Kapal KRI Imam Bonjol-383 milik TNI Angkatan Laut pukul 11.00 WIB.(okz/rt)