Tingkatkan Mutu Pendidikan Vokasi, Pemprov Segera Bentuk TKDV Provinsi Riau

Kamis, 03 Agustus 2023

Sekdaprov Riau SF Hariyanto saat rapat persiapan pelantikan TKDV

PEKANBARU, Riautribune.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau terus berkomitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan di Bumi Lancang Kuning. Apalagi sumber daya manusia (SDM) yang unggul merupakan pilar utama yang harus dipenuhi untuk menyambut Indonesia Emas 2045. 

Sebagai upaya membangun komitmen dan tanggung jawab bersama dalam menyiapkan SDM yang unggul, pemerintah telah meluncurkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 68 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi. 

Di Riau, Pemprov telah lebih dulu menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 6 Tahun 2022 tentang Penguatan Pendidikan dan Pelatihan Vokasi Melalui Kemitraan dengan Industri, Dunia Usaha, dan Dunia Kerja. Sehingga Negeri Lancang Kuning menjadi percontohan di Indonesia terkait pendidikan vokasi. 

Bahkan, Provinsi Riau telah membentuk Tim Koordinasi Daerah Vokasi (TKDV) Provinsi Riau dan dalam waktu dekat akan diresmikan. Menariknya, Riau kembali menjadi yang pertama di Indonesia yang membentuk TKDV. 

"Insya Allah dalam bulan Agustus ini akan segera diresmikan, apalagi kita (TKDV Provinsi Riau) telah mendapat dukungan dari pak Gubernur Syamsuar, dan SK nya juga sudah di teken pak gubernur," kata Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto saat Rapat Koordinasi Pra Pelantikan TKDV Provinsi Riau di Ruang Rapat Melati Kantor Gubernur Riau, Kamis (3/8/2023). 

SF Hariyanto berharap dengan terbentuk dan diresmikannya nanti TKDV Provinsi Riau bisa lebih meningkatkan mutu pendidikan vokasi di Bumi Lancang Kuning, sebab pendidikan vokasi memiliki peran strategis untuk menghasilkan tenaga kerja terampil yang dibutuhkan oleh indistri, dunia usaha, dan dunia kerja. 

Sekdraprov mengaku akan memberikan support dan dukungan terhadap kebutuhan untuk pendidikan vokasi. Sehingga, TKDV Provinsi Riau diminta agar betul-betul dapat memberikan yang terbaik untuk mutu pendidikan vokasi bagi anak-anak Riau. 

"Harapan saya TKDV Provinsi Riau bisa meningkatkan mutu pendidikan vokais ini, kita akan support. Jadi saya ingin setelah anak-anak lulus dari sekolahnya (SMA/SMK) mereka sudah memiliki keahlian yang dibawanya keluar, yang itu dapat dikembangkan dan memberikan dampak baik baginya," pungkas SF Hariyanto.***