Demo Bemnus Riau, Minta Bupati Rohil Afrizal Sintong Menindaklanjuti Si Koncang

Rabu, 24 Mei 2023

Bemnus Daerah Riau menyampaikan pernyataan sikap ketika demo proyek Si Koncang, sistim administrasi online desa yang dilaksanakan Dinas PMD Rohil/. foto-amran

BAGANSIAPIAPI, Riautribune.com - Puluhan mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Nusantara (Bemnus) Daerah Riau, melakukan demonstrasi di Depan Rumah Dinas (Rumdin) Bupati Rohil di Jalan Perwira, Bagansiapiapi, Rabu (24/05/2023). 

Kedatangan puluhan mahasiswa Bemnusda Riau itu membawa dua spanduk, antara lain bertuliskan "Si Koncang Meleset !!!!!! Desa Terjerat", dan "Apa Kabar PMD, Desa Menjerit. PMD Bangkrut".  

Koordinator Umum (Kordum) Bemnus Daerah Riau Nanang, mengatakan kedatangan mereka terkait dengan pelaksanaan program Sistim Administrasi Desa berbasis online Si Koncang, yang teknis dan pelaksanaan dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Pemkab Rohil. 

Sistim Administrasi Desa Si Koncang itu di desa-desa atau kepenghuluan, kata Nanang, mangkrak, tidak dapat dipergunakan oleh masyarakat. 

"Program ini mangkrak Peralatannya (software dan hartware) tidak dapat dipergunakan di desa. Kami sudah mencobanya (pelayanan Si Koncang)," kata Kordum Bemnus Daerah Riau, Nanang, kepada para wartawan. 

Sebab itu di dalam pernyataan sikap Bemnus Daerah Riau, Nanang mendesak Bupati Rohil Afrizal Sintong, mencopot Kepala Dinas PMD Pemkab Rohil Yandra SIP, MSi. 

"Mendesak Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong SIP, mencopot Kadis PMD Rokan Hilir, yang mana tidak cocok menduduki kursi jabatan tersebut," kata Nanang. 

Bemnus Daerah Riau, sebut Nanang, juga meminta Yandra SIP, MSi, untuk mundur dari jabatan sebagai Kadis PMD Pemkab Rohil. "Yang mana di duga bersikap arogan di Pemda Rohil," ucap Nanang. 

Dalam pernyataan sikap tersebut, Bemnus Daerah Riau mendesak aparat penegak hukum memeriksa Kadis PMD Pemkab Rohil Yandra, atas dugaan menerima fee dari vendor atas pengadaan Si Koncang untuk setiap desa. 

"Meminta kepada Polres Rokan Hilir memeriksa Kadis PMD Pemkab Rohil atas dugaan menerima sejumlah bonus dari setiap program yang ditetapkan di desa, yang disepakati di Hotel Evo Pekanbaru," tutur Nanang. 

Agar proyek miliaran ini tidak mubazir, Nanang, juga mendesak Bupati Rohil Afrizal Suntong menyelesaikan kasus mangkraknya program pelayanan sistim administrasi online Si Koncang. 

"Meminta kepada Bupati Rohil Afrizal Sintong menindaklanjuti mengenai mangkraknya Si Koncang," tandas Nanang, yang menyerahkan pernyataan sikap kepada Satpol PP Pemkab Rohil. 

Demo Bemnus Daerah Riau ini berlangsung aman dan tertib, diawasi puluhan personil dari Polres Rohil dan Polsek Bangko, Kodim Rohil, serta personil Satpol PP Pemkab Rohil. (amran)