HBH IKBB 2023 Dihadiri Orang Penting, Bupati Kuansing : Kita Dukung Generasi Muda Dengan Pendidikan

Senin, 22 Mei 2023

Foto bersama Bupati Kuansing, Drs H Suhardiman Amby Ak MM bersama Ketua Umum IKBB Syafrial Koyap dan beberapa tokoh masyarakat Kuansing (dok. Riautribune.com)

PEKANBARU, Riautribune.com - IKatan Keluarga Besar Baserah (IKBB) yang ada di Kota Pekanbaru, telah melangsungkan acara silaturahmi halal bi halal. 

Halal Bi Halal Ikatan Keluarga Besar Baserah 2023 tersebut dilaksanakan di Gedung M Yazid Bin Tomel Museum Sang Nila Utama Dinas Kebudayaan (Disbud) Provinsi Riau, Jalan Sudirman Kota Pekanbaru pada Minggu, 21 Mei 2023 yang dimulai pukul 08.30 WIB. 

Silaturahmi halal bi halal tersebut diisi dengan Ceramah Agama oleh Ustadz Dr H Syafrinal MSi, dan dimeriahkan dengan Randai Kuantan, serta Sasampek dari 4 Suku, Suku Melayu, Suku Limo Kampung, Suku Tigo Kampung  dan Suku Cemin di Baserah dan kebudayaan-kebudayaan dari Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing). 

Terpantau turut hadir pada acara tersebut adalah Bupati Kabupaten Kuansing, Drs H Suhardiman Amby Ak MM, Anggota Komisi I DPRD Provinsi Riau, Mardianto Manan dan beberapa tokoh adat lainnya. 

Pada kesempatan tersebut, Suhardiman Amby sangat bangga atas kinerja dari putera puteri Kuansing yang tergabung dalam Ikatan Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Kuantan Hilir (IPPMKH). 

"Kita mendukung penuh generasi muda bangsa terkhusus pelajar dan mahasiswa dari Kuantan Singingi dengan membuka jalur Beasiswa," jelas Suhardiman Amby kepada Riautribune usai memberi sambutan. 

Ketua Umum (Ketum) IKBB Riau, Drs H Syafrial Koyap, sangat mengapresiasi perhatian dari pihak pemerintah Kabupaten Kuansing yang membuka jalur beasiswa tersebut. 

"Kita sangat bangga atas kehadiran Bupati Kuansing yang secara langsung menyampaikan akan mendukung pelajar dan mahasiswa kita dengan membuka jalur beasiswa seperti yang disampaikan beliau saat menyampaikan sambutan dalam acara HBH ini," ucap Syafrial Koyap. 

"Dengan ini berarti generasi muda akan lebih semangat dan semakin cinta terhadap kebudayaan warisan leluhur kita," lanjutnya. 

Dengan menampilkan beberapa kebudayaan tradisional yang dikoordinir oleh Epi Martison, anak jati Baserah yang tunak berkesenian di Jakarta dan Direktur Program Budaya HBH, IKBB memiliki tujuan tertentu yang bermakna membangkitkan minat generasi muda Kuansing. 

Adapun tujuan dari penampilan beberapa kebudayaan tradisional tersebut adalah untuk memupuk generasi muda agar tetap cinta kepada budaya daerah. 

"Tak lain tujuan kita selain memperkenalkan kembali kebudayaan leluhur, tentunya memupuk rasa cinta generasi muda kita terhadap kebudayaan tradisional asli Baserah," jelas Epi Martison. 

Sebagai informasi, acara halal bi halal yang akan dilaksanakan tersebut juga sekaligus dilangsungkan Pengukuhan Organisasi Pengurus Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Kuantan Hilir (IPPMKH) Pekanbaru yang seyogyanya berada dibawah organisasi induk IKBB.***