Gelar Budaya Kampung HBH 2023 IKBB Dihadiri Tokoh Sumatera, DKI dan Riau

Sabtu, 20 Mei 2023

Ilustrasi

PEKANBARU, Riautribune.com - Halal Bi Halal (HBH) 2023 Ikatan Keluarga Besar Baserah (IKBB) Pekanbaru akan tampil beda. Selain dihadiri tokoh IKBB dari Sumatera Utara, Perawang, Jakarta dan Kuansing, HBH 2023 kali ini dimeriahkan pergelaran budaya kampung, kearifan semenjak dahulu kala. 

"IKBB Provinsi Riau merencanakan untuk gelar acara Halal Bi Halal 2023 di Gedung M Yazid Bin Tomel Museum Sang Nila Utama Dinas Kebudayaan (Disbud) Provinsi Riau, Jalan Sudirman Kota Pekanbaru pada Minggu, 21 Mei 2023 yang dimulai pukul 08.30 WIB ini tentunya spektakuler,” kata seniman nasional asal Riau, Epi Martison kepada Riautribune pada Jumat, 19 Mei 2023. 

Epi Martison anak jati Baserah yang tunak berkesenian di Jakarta ini adalah Direktur Program Budaya HBH IKBB, 

Dengan panitia yang dipimpin oleh Ketua Panitia, Kurniawan Sahputra, HBH 2023 IKBB kali ini direncanakan digelar dalam rangka mempererat hubungan tali silaturahmi antar sesama masyarakat Baserah yang ada di Kota Pekanbaru dan sekitarnya, dan secara umum untuk warga Baserah di Provinsi Riau. 

Berdasarkan penuturan Ketua Umum (Ketum) IKBB Riau, Drs H Syafrial Koyap melalui Ketua Harian IKBB Riau, Aswandi yang didampingi oleh dua tokoh masyarakat Baserah yakni Ramalis dan Yusriadi Taher, nantinya acara tersebut akan dihadiri oleh dua Kepala Daerah, yakni Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru, Muflihun SSTP MAP dan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kuantan Singingi, Suhardiman Amby. 

“Insya Allah dalam acara yang didukung oleh bapak Raja Yoserizal Zen selaku Kadis Kebudayaan Provinsi Riau ini nantinya juga akan dihadiri langsung oleh pak Walikota Pekanbaru, Muflihun yang juga merupakan 'Sumondo Ughang Basogha' (suami dari cucu kemenakan Baserah), serta Bupati Kuansing, Suhardiman Amby," ucap Aswandi kepada Riau tribune pada Jumat, 19 Mei 2023. 

Mereka sangat mengharapkan kedua pemimpin daerah ini untuk dapat hadir dalam gelaran halal bi halal tersebut. 

"Sangat kita nantikan pula kehadiran beliau nantinya, dimana organisasi diperlukan bersinergi hendaknya dengan pemerintahan yang ada,” harap Aswandi. 

“Insya Allah kegiatan kita ini nantinya akan dihadiri oleh para Ketua IKBB, Tokoh Masyarakat serta masyarakat Baserah yang di perantauan baik di Pekanbaru, Jakarta, Medan dan sebagainya, serta dari kampung halaman kita Kabupaten Kuantan Singingi terutama Baserah, yang menaungi dua kecamatan yakni Kuantan Hilir dan Kuantan Hilir Seberang,” lanjutnya. 

Untuk rencana kegiatan yang akan dilaksanakan pada Halal Bi Halal 2023 tersebut, Epi Martison yang merupakan tokoh kelahiran Baserah dan seorang koreografer serta komposer lulusan Institut Kesenian Jakarta menjabarkan akan ada beberapa bentuk kebudayaan tradisional Baserah, Kuantan Singingi yang dipertunjukkan pada acara tersebut 

“Insya Allah, sesuai rencana kegiatan ini nantinya juga akan diisi dengan Ceramah Agama oleh Ustadz Dr H Syafrinal MSi, dan dimeriahkan dengan Randai Kuantan, serta Sasampek dari 4 Suku, Suku Melayu, Suku Limo Kampung, Suku Tigo Kampung  dan Suku Cemin di Baserah dan kebudayaan kebudayaan daerah kita lainnya," tutur Epi Martison. 

Adapun tujuan dari penampilan beberapa kebudayaan tradisional tersebut adalah untuk memupuk generasi muda agar tetap cinta kepada budaya daerah. 

"Tak lain tujuan kita selain memperkenalkan kembali kebudayaan leluhur, tentunya memupuk rasa cinta generasi muda kita terhadap kebudayaan tradisional asli Baserah," jelas Epi Martison. 

Berkenaan akan digelarnya acara tersebut, mereka mengharapkan agar warga Baserah yang ada di Kota Pekanbaru dan sekitarnya untuk meringankan langkah dan hadir di halal bi halal tersebut. 

“Untuk itu, dengan ini kita berharap jika saudara saudara kita yang belum menerima undangan atau yang masih terkendala atau terlambat sampainya, mohon sekiranya apa yang kami sampaikan di dalam pemberitaan ini menjadi undangan resmi atau jemputan untuk kita semua," imbau Aswandi. 

Sebagai informasi, acara halal bi halal yang akan dilaksanakan tersebut juga sekaligus dilangsungkan Pengukuhan Organisasi Pengurus Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Kuantan Hilir (IPPMKH) Pekanbaru yang seyogyanya berada dibawah organisasi induk IKBB.***