Sinergitas TNI-Polri dan Pemkab Siak Sukseskan Puncak Penanaman Mangrove Serentak se Indonesia

Selasa, 16 Mei 2023

Penanaman mangrove serentak dipimpin langsung Dandim 0322/Siak Letkol Inf Muhammad Faisal Effendi dan Kapolres Siak AKBP Ronald Sumaja SIK

SIAK, Riautribune.com - Puncak penanaman mangrove nasional secara serentak oleh TNI dan Polri se Indonesia juga dilaksanakan di Kabupaten Siak, tepatnya di sepanjang bibir sungai bersejarah Kampung Kayu ara Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Provinsi Riau. 

Dalam pelaksanaannya, kegiatan itu dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo yang terhubung langsung secara video conference (vicon) dengan tema, Mangrove Better Life. 

Di Siak, kegiatan tersebut dipimpin langsung Dandim 0322/Siak Letkol Inf Muhammad Faisal Effendi dan Kapolres Siak AKBP Ronald Sumaja SIK yang juga dihadiri oleh Pejabat utama Polres Siak dan Kodim 0322/ Siak serta pemerintah Kecamatan Sungai Apit. 

Dalam kesempatan itu, Kapolres Siak AKBP Ronald mengungkapkan, keberadaan mangrove sangat penting untuk mencegah abrasi dan menjaga ekosistem alam baik flora maupun fauna. 

"Kita punya banyak wilayah yang kritis terhadap abrasi, untuk itu kami sangat mengapresiasi kegiatan hari ini, semoga kegiatan hari ini akan terus berlanjut untuk memastikan manggrove ini akan selalu terlestarikan," ungkapnya. 

Pimpinan Korps Bhayangkara Wilayah hukum Kabupaten Siak itu juga berharap, agar seluruh stakeholder bukan hanya TNI Polri dan Pemkab saja, masyarakat dan komponen lainnya juga harus turut bekerja sama melestarikan dan menjaga mangrove khususnya di wilayah Siak. 

“Semoga kegiatan ini tidak sampai disini saja,akan terus berlanjut sehingga nanti akan dirasakan manfaatnya bagi kita dan generasi penerus kita kelak," sebutnya. 

Sementara itu, Dandim 0322/Siak Letkol Inf Muhammad Faisal Effendi menerangkan, untuk kegiatan tersebut Kodim 0322 Siak bekerjasama dengan pemerintah daerah menyiapkan 4300 bibit manggrove untuk ditanam pada kegiatan ini. 

"Hari ini kita bersinergi dengan TNI Polri, Pemda dan komponen masyarakat untuk menanam mangrove, sebenarnya penanaman sudah dimulai beberapa minggu lalu, total bibit yang kita tanam itu sebanyak 4300 bibit," terang Dandim. 

Dandim 0322 Siak itu pun bersyukur atas antusias seluruh komponen yang turut mensukseskan kegiatan tersebut. Sehingga kedepannya diharapkan agar seluruh lapisan masyarakat bisa saling bersinergi menjaga kelestarian mangrove ini. 

"Alhamdulillah kegiatan ini terlaksana dengan lancar, mudah- mudahan apa kita lakukan ini bermanfaat untuk kelestarian alam kita di Indonesia khususnya di Kabupaten Siak ini,” tutupnya.***