Kampung KB di Dumai Ini Masuk Nominasi Tingkat Nasional

Senin, 15 Mei 2023

Pengurus Kampung KB Keberkahan Bersama Dumai saat mengikuti tes wawancara

PEKANBARU, Riautribune.com - Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) Keberkahan Bersama Kelurahan Laksamana Kecamatan Dumai Kota, Kota Dumai, Riau masuk dalam penilaian 10 nominasi terbaik se-Indonesia. 

"Penilaian tersebut telah melewati beberapa fase penilaian yang dimulai dari tingkat Kecamatan, Kota, Provinsi, hingga nasional," kata Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, Dra. Mardalena Wati Yulia, M.Si dalam keterangannya di Pekanbaru, Minggu, kemarin. 

Ia mengatakan, Kampung Kampung KB Keberkahan Bersama tercatat sebanyak 22.400 Kampung KB di Indonesia yang mengikuti penailai kemudian mengerucut terpilih menjadi 10 Kampung KB terbaik se Indonesia dan Kampung KB Keberkahan Bersama Dumai di antaranya. 

Ia menyebutkan untuk menentukan pemenang maka tim perlu melakukan verifikasi lapangan agar dapat membuktikan dan memastikan kebenaran serta kevalidan kelengkapan instrumen penilaian yang telah dikirim ke pusat sebelumnya. 

"Verifikasi lapangan dilakukan dengan melibatkan seluruh elemen terkait yang telah bersinergi dengan Kampung KB Keberkahan Bersama. Tim penilai pun menanyai setiap pihak yang bertanggung jawab atas program yang dijalankan," katanya. 

Ia menjelaskan BKKBN terus melakukan pembentukan dan pengembangan Kampung KB yang dilandasi Instruksi Presiden (Inpres) nomor 3 tahun 2022 yang ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 20 Mei 2022. 

BKKBN juga melakukan penilaian dan evaluasi terhadap gerak dan kinerja Kampung KB di seluruh Indonesia yang bersempena dengan perayaan Hari Keluarga Nasional ke-30 tahun 2023. 

"Khususnya Perwakilan BKKBN Provinsi Riau telah menyaring dari 393 Kampung KB hingga kemudian terpilih Kampung KB Keberkahan Bersama untuk mewakili Provinsi Riau di ajang nasional tersebut," katanya.***