Polisi Amankan 6 Kru dan Penanggung Jawab Kapal Terkait Tenggelamnya Evelyn Calisca 01

Sabtu, 29 April 2023

Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal saat turun ke Inhil

PEKANBARU, Riautribune.com - Polisi mengamankan 6 orang atas insiden terbaliknya Kapal Evelyn Calisca 01 di perairan Guntung, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau pada Kamis (27/4/2023) kemarin. Salah satunya nakhoda kapal dan penanggung jawab kapal. 

"Saya sudah perintahkan, agar enam orang yang diamankan tersebut, dibawa ke Polda Riau, untuk diperiksa lebih mendalam," kata Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal, Jumat (28/4/2023). 

Lima orang yang diamankan tersebut ialah, SA sebagai kapten kapal, A penanggung jawab kapal, BP, H, A, dan S sebagai anak buah kapal. 

"Prinsipnya, apabila terbukti melawan hukum dan menyalahi aturan, agar segera diproses hukum," tegasnya. 

Sampai saat ini, tim gabungan masih melakukan pencarian satu orang yang masih belum ditemukan. "Tim terus berupaya untuk menemukan satu orang yang masih belum ditemukan tersebut," ujarnya seperti dilansir KBRN RRI. 

Sedangkan untuk korban yang selamat, ada 10 orang masih dilakukan perawatan di RSUD Raja Musa, Kecamatan Kateman, Kabupaten Inhil, Riau. 

Diketahui kapal ini sempat menambah penumpang. Kapal berangkat dari Pelabuhan Pelindo Tembilahan sekitar pukul 10.40 WIB. Bahwa berdasarkan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) yang dikeluarkan syahbandar Tembilahan kapal membawa 51 penumpang sesuai daftar manifest. 

“Dengan rincian penumpang dewasa 45 orang dan 6 orang penumpang anak-anak. Dinahkodai Sahran dengan 5 anak buah kapal,” ungkap Kabid Humas Polda Riau, Kombes Nandang Mu’min Wijaya, Jumat (28/4/2023) malam. 

Sekira pukul 13.10 WIB, kapal bersandar di Pelabuhan Sei Guntung Kecamatan Kateman dan menaikkan enam penumpang. Kemudian kapal melanjutkan perjalanan dengan berganti nahkoda yakni Acok. 

“Kapal sempat berganti nahkoda dari Sahran kepada Acok karena istirahat makan siang,” ungkapnya. 

Kemudian kapal melanjutkan perjalanan sekira 15 menit kapal menabrak kayu yang mengapung di perairan tersebut. Akibatnya kapal SB Evelyn Calisca 01 terbalik.***