Bupati Rohil Dan Gubernur Riau Panen Raya Padi Nusantara Satu Juta Hektar

Jumat, 14 April 2023

Bupati Rohil Afrizal Sintong dan Gubri H Syamsuar melakukan panen raya padi Nusantara Satu Juta Hektar di Rimba Melintang.

BAGANSIAPIAPI, Riautribune.com - Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar bersama Bupati Rohil Afrizal Sintong melaksanakan panen raya padi Nusantara Satu Juta Hektar diklaster Rimba Melintang Riau Bertani, di Kepenghuluan Mukti Jaya, Kecamatan Rimba Melintang, Rabu (15/3/2023). 

Panen raya padi Nusantara Satu Juta Hektar di Rohil merupakan salah satu kesuksesan Bupat Rohil Afrizal Sintong, dan Wabup Rohil H Sulaiman dalam program ketahanan pangan. 

Selain melaksanakan panen raya padi, Bupati Afrizal Sintong, dan Gubernur Riau H Syamsuar, juga menyerahkan bantuan untuk petani, antara lain pupuk NPK, pupuk organik, dolomit, pupuk hayati, herbisida, benih durian dan 3 unit traktor. 

Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong mengapresiasi panen raya Padi Nusantara Satu Juta Hektar, di Rohil yang dipusatkan di Rimba Melintang. Hasil panen, kata Bupati, sangat bagus, karena petaninya yang profesional. 

"Kami mengucapkan terima kasih kepada para petani dan kelompok tani yang ada di Rimba Melintang ini. Dengan panen ini, kami yakin kebutuhan beras di Kabupaten Rokan Hilir bisa terpenuhi," jelas Bupati Afrizal Sintong. 

Gubernur H Syamsuar juga mengapresiasi panen raya padi Nusantara Satu Juta Hektar di Rohil. Gubri mengingatkan masyarakat petani, maupun kelompok tani agar tidak menjual hasil panennya keluar daerah. 

"Agar kebutuhan beras di Rohil bisa terpenuhi. Jadi penuhi dulu untuk kebutuhan masyarakatkan Rohil. Sebab,  kalau kita jual keluar dan kita beli lagi mahal harganya," kata Gubri. 

Kalau hasil panen berlebih, jelas Gubri, baru di jual ke daerah tetangga seperti Kota Dumai. "Karena daerah tersebut tidak memiliki sawah yang luas seperti Rohil," tambah Gubri. 

Mantan Bupati Siak dua periode ini menjelaskan, kebutuhan pangan terutama beras belum mencukupi untuk kabupaten/kota yang ada di Provinsi Riau. 

"Dari produksi kita masih belum mencukupi. Maka dari itu hasil panen ini kita distribusi kedaerah yang ada di Riau yang belum panen atau kekurangan beras," ujarnya. 

Selain meningkatkan produksi beras Gubri Syamsuar juga mengajak masyarakat untuk menanam berbagai sayur-mayur dan cabe-cabean.  

"Saya berharap disamping meningkatkan produksi beras juga ditingkatkan hasil sayur-sayuran, cabe, bawang dan lain sebagainya. Mari dicoba di daerah kita ini," jelasnya. 

Luas sawah Panen Raya Padi Nusantara Satu Juta Hektar diklaster Rimba Melintang Riau Bertani, lebih kurang 949 hektar, yang satu hektarnya menghasilkan 8 ton gabah kering panen. 

Panen raya padi juga dihadiri Kepala Bank Indonesia Perwakilan Riau Muhammad Nur, Sekda Rohil Fauzi Efrizal, Asisten II Setdaprov Riau HM Job Kurniawan, Kodim 0321 Rohil, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Tri Mukti Jaya, siswa SMK Negeri Pertanian Rimba Melintang, serta masyarakat setempat. ***