Untuk Pemerataan Pembangunan, Pemkab Rohil Bangun 9 Infrastruktur Jalan Dan Jembatan

Selasa, 11 April 2023

Bupati Rohil Afrizal Sintong meninjau hotmix Jalan Simpang Sola Tanah Putih Tanjung Melawan.

BAGANSIAPIAPI, Riautribune.com - Jalan dan jembatan merupakan urat nadi pembangunan, mempermudah konektivitas antar wilayah, serta dapat mempercepat pembangunan ekomomi, sosial, budaya, pendidikan, dan lain sebagainya. 

Pembangunan jalan dan jembatan yang menghubungkan antar wilayah itu merupakan salah satu dari misi pembangunan Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong SIP, dan Wakil Bupati (Wabup) Rohil H Sulaiman SS MH. 

Sejak dilantik pada 8 Juni 2021 yang lalu, masa kepemimpinan Bupati Rohil Afrizal Sintong bersama Wabup H Sulaiman, belum genap dua tahun. Namun, berbagai pembangunan baik infrastruktur jalan maupun jembatan telah berhasil dilaksanakan. 

Infrastruktur jalan dan jembatan yang dibangun oleh Bupati dan Wabup Rohil tersebut telah membuka beberapa wilayah yang selama ini terisolir, dan tak pernah mendapatkan perhatian. 

Pada Tahun Anggaran 2022 yang lalu, Bupati Rohil - Wabup Rohil melaksanakan pembangunan sembilan proyek strategis infrastruktur jalan dan jembatan, yang tersebar di beberapa Kecamatan. 

Kesembilan proyek pembangunan strategis tersebut adalah proyek pembangunan Jembatan Suak Air Hitam di Kacamatan Pujud, dengan anggaran pembangunan lebih dari Rp 31,6 miliar, bersumber dari APBD Rohil 2022. 

Pembangunan Jembatan Suak Air Hitam dapat memajukan, memperlancar, dan mendorong pertumbuhan masyarakat Desa Suak Air Hitam, Pujud. Selama puluhan tahun, desa/kepenghuluan itu terisolir, tertinggal, dan sulit dijangkau, karena tidak ada jembatan penghubung dengan daerah luar. 



Selama ini akses sosial dan ekonomi masyarakat dari dan ke Desa/Kepenghuluan Siak Air Hitam, hanya bisa dilalui dengan menggunakan sampan dan pompong. 

Namun, sejak Kabupaten Rohil dipimpin Bupati Afrizal Sintong dan Wabup H Sulaiman, mimpi masyarakat Desa Suak Air Hitam menjadi kenyataan dengan telah dibangun Jembatan Suak Air Hitam sepanjang 140 meter, dan lebar 7 meter. 

Selanjutnya ada proyek peningkatan Jalan Simpang Kanan, di Kecamatan Simpang Kanan, yang anggaran pembangunannya Rp13,6 miliar bersumber dari Dana Alokasi Kusus (DAK) Reguler. 

Peningkatan Jalan lintas Bangko Pusako - Kubu (DAK) penugasan Kecamatan Kubu Babussalam senilai Rp 15,7 miliar. Peningkatan Jalan Simpang Sola - Bundaran Patung Kuda di Kecamatan Tanah Putih Rp 10,9 miliar, peningkatan Jalan Putri Hijau di Kecamatan Tanah Putih Rp 8,3 miliar, dan peningkatan Jalan Poros Kubu - Bangko Pusako Rp 17 Miliar. 

Selanjutnya ada peningkatan Jalan Kepenghuluan Sei Keladi - Sekapas Kecamatan Rantau Kopar Rp 15,5 miliar, peningkatan Jalan Lintas Desa Pasir Limau Kapas di Kecamatan Palika Rp 21,5 miliar, serta peningkatan Jalan Kampung Nelayan, Kampung KPL, di Kelurahan Bagan Hulu, Kecamatan Bangko Rp 3,2 miliar. 



Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP mengatakan, meski pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan terpusat di beberapa Kecamatan, bukan berarti pembangunan di wilayah lainnya terbaikan. 

Hal ini sebut Bupati, mengingat di beberapa wilayah tersebut belum pernah tersentuh pembangunan dan masih sangat terisolir. Sehingga, pembangunan banyak terpusat di daerah yang sangat di butuhkan masyarakat. 

"Dengan dilaksanakannya pembangunan di beberapa wilayah yang terisolir tentunya akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Pemerataan pembangunan akan terus kita laksanakan dan target kami seluruh wilayah yang ada di Rohil tidak ada lagi yang terisolir, " kata Bupati. 

Untuk tahun 2023 tambahnya, meski dengan keterbatasan keuangan daerah, berbagai pembangunan infrastruktur baik jalan maupun jembatan juga telah di anggarkan dalam APBD, dan tinggal menunggu pelaksanaannya saja. 

"Sebab itu, kita mengajak semua pihak untuk saling mendukung, dan bersama-sama membangun Negeri Seribu Kubah yang kita cintai ini," ucap Bupati Afrizal Sintong.***