Angin Puting Beliung Rusak Empat Bangunan Rumah dan Warung Warga Rangsang Barat

Kamis, 06 April 2023

Rumah warga rusak dihantam angin kencang/ foto: Antara

Selatpanjang, Riautribune.com -Angin puting beliung yang melanda Desa Sungaicina, Kecamatan Rangsang Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, Rabu kemarin (5/4), merusak empat rumah dan satu warung milik warga. 

Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Meranti, Eko Setiawan mengatakan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 14.30 WIB di saat situasisedang hujan deras.

"Saat itu terjadi hujan deras disertai angin puting beliung yang memporak-porandakan empat rumah dan satu unit warung masyarakat Desa Sungaicina Pulau Rangsang. Tak ada korban jiwa dan luka-luka," ungkap Eko, Kamis (6/4).

Akibat kejadian itu, masyarakat mengalami kerugian dan dampak yang cukup besar. Rata-rata kerusakan terjadi pada atap rumah rumah karena diterjang angin.

Saat ini warga yang terkena dampak bencana alam itu mengungsi ke rumah tetangga dan warga setempat. Pemerintah daerah berencana mengagendakan untuk turun ke lokasi bencana. "Nanti kunjungan kepala daerah diagendakan. Tapi saat ini petugas sudah turun dan membantu bersih-bersih," ujarnya. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, menyampaikan prakiraan cuaca di Riau hari yang sama. 

Prakirawan cuaca BMKG Pekanbaru Yasir P mengatakan, cuaca pagi hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang dan angin terjadi di sebagian wilayah Kabupatan Rokan Hilir, Bengkalis, Siak, Meranti, Indragiri Hilir, Pelalawan, dan Kota Dumai.

Siang hingga sore hari berpotensi hujan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Kampar, Rokan Hilir, Pelalawan, Bengkalis, Siak, Kota Dumai, dan Pekanbaru. Dini hari berpotensi hujan intensitas ringan hingga sedang terjadi di wilayah Kabupaten Pelalawan, Indragiri Hulu, Kampar, Indragiri Hilir, dan Kota Pekanbaru. 

"Peringatan dini, waspada potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Pelalawan, Kuantan Singingi, Siak, Bengkalis, Indragiri Hilir, Rokan Hulu, dan Kampar pada sore atau malam dan dini hari," jelasnya.***